Ini Dalih Kimia Farma 'Jualan' Vaksinasi Covid-19

Minggu, 11 Juli 2021 - 22:15 WIB
loading...
Ini Dalih Kimia Farma Jualan Vaksinasi Covid-19
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mengencarkan program vaksinasi Covid-19 untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia. Sekaligus juga untuk mempercepat dan membentuk herd immunity.

Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra, mengatakan PT Kimia Farma bekerja sama dengan BUMN dan instansi lainnya menyelenggarakan program vaksin gotong royong individu yang sudah bisa dilakukan mulai besok Senin (12/7/2021).

"Untuk vaksin ini adalah perluasan program bagi individu dan kita akan buka di klinik Kimia Farma, khususnya di Jawa dan Bali, sebagai opsi dari program vaksin gotong royong yang non-perusahaan," kata Agus melalui konferensi virtual, Minggu (11/07/2021).

Baca juga:Moskow Sebut Langkah AS 'Blacklist' Perusahaan Rusia Tindakan Konfrontatif

Program tersebut diatur dalam Permenkes No. 19 Tahun 2021 tentang perluasan akses mengenai layanan program vaksinasi Covid-19.

"Kami gelontorkan sebanyak 42 ribu dosis dan bertahap. Nanti akan kita tambah sesuai ketersediaan yang ada, untuk vaksin gotong royong bertahap mulai dari 1.000 dosis, 500 dosis dan saat ini baru ada 1.500 dosis," ujarnya.

Untuk tahap pertama dirinya menyampaikan implementasinya akan dibuka di delapan titik di kawasan DKI Jakarta dan beberpa daerah seperti Solo, Semarang, dan Bali.

"Masing-masing titik nanti kami akan menyediakan sebanyak 5 ribu dosis. Selain di klinik Kimia Farma, kami juga nanti akan menyediakan di titik strategis seperti di bandara dan masuk ke pusat perbelanjaan, setelah PPKM. Kami mendekatkan diri kepada masyarakat," paparnya.

Vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi mandiri ini menggunakan Sinopharm dan bersifat opsional, tidak mewajibkan masyarakat.

"Dengan adanya demand kita membuka (program ini). Kami sebagai garda kesehatan nasional akan melayani mereka yang belum mendapatkan vaksin," ujarnya.

Baca juga:BW Sudah Prediksi KPK Bakal Dihabisi lewat Buku yang Terbit 2018

Dengan adanya program vaksinasi mandiri ini, pihak PT Kimia Farma berharap bisa mempercepat herd immunity di era pandemi dan bisa mempercepat pemulihan ekonomi.

"Kita siap akan menggelar program ini dimulai di delapan klinik, di enam kota. Kita akan tambahkan seiring berjalannya waktu dalam rangka pemerataan dan program pemerintah yaitu gotong royong yang diperluas dari 1,5 juta 4 juta dan terus naik lagi di batch selanjutnya," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0675 seconds (0.1#10.140)