Buruan Cek! Bansos Tunai Cair Sekaligus 2 Bulan lewat Bank Himbara

Minggu, 18 Juli 2021 - 11:30 WIB
loading...
Buruan Cek! Bansos Tunai Cair Sekaligus 2 Bulan lewat Bank Himbara
Bantuan Sosial Tunai (BST) akan dicairkan melalui bank-bank milik negara atau Himbara yang menjangkau 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), disalurkan selama dua bulan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bantuan Sosial Tunai (BST) akan dicairkan melalui bank-bank milik negara atau Himbara di antaranya BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Untuk BST yang menjangkau 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) , disalurkan selama dua bulan yakni Mei dan Juni akan dibayarkan sekaligus dua bulan pada Juli 2021.

Indeks BST yang diterima masyarakat KPM yakni Rp300.000 per bulan. KPM BST adalah masyarakat terdampak pandemi yang sudah masuk dalam DTKS, yang tidak menerima PKH dan BPNT/Kartu Sembako.



Lantaran dicairkan dobel, KPM BST bakal menerima bansos BST senilai Rp600.000 pada Juli 2021. Penyaluran bansos BST dilakukan melalui jaringan kantor PT Pos Indonesia dan bisa cek status kepenerimaan di cekbansos.kemensos.go.id.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlaku hingga akhir Juli 2021.

Berbagai bansos tersebut diantaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako, dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako dari semula menjangkau 15,93 juta KPM, ditingkatkan jangkauannya untuk 18,8 juta KPM dengan indeks Rp 200.000 per bulan.



Adapun PKH dan BPNT atau Kartu Sembako merupakan bansos reguler dalam rangka menurunkan angka kemiskinan. Penyaluran bantuan PKH dan BPNT/Kartu Sembako dilakukan secara non tunai melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Adanya bantuan tambahan ini diharapkan masyarakat miskin terdampak pandemi tercukupi kebutuhan pokoknya. Penyaluran bansos ini sudah dilakukan sejak awal Juli 2021 dan bertahap sesuai pemutakhiran data pada situs Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lebih lanjut, penerima BST dapat mengecek apakah dirinya termasuk penerima bansos atau tidak melalui laman DTKS atau di https://cekbansos.kemensos.go.id .

Berikut tata cara cek bansos tunai:
1. Buka situs https://cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.
4. Ketik 8 huruf kode captcha (dipisahkan spasi) sesuai dengan kotak yang tertera.
5. Jika huruf yang muncul kurang jelas, klik icon refresh untuk mendapatkan kode huruf baru.
6. Kemudian, klik tombol "Cari Data".
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)