Tingkatkan Pelayanan, PLN Berhasil Salurkan Listrik di SUTET Tambun 2

Kamis, 28 Mei 2020 - 08:19 WIB
loading...
Tingkatkan Pelayanan, PLN Berhasil Salurkan Listrik di SUTET Tambun 2
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Jawa Bagian Barat berhasil mengalirkan tegangan listrik perdana di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Tambun 2 berkapasitas 500 kilovolt (kV) dan GISTET 500 kV. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Jawa Bagian Barat berhasil mengalirkan tegangan listrik perdana di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Tambun 2 berkapasitas 500 kilovolt (kV) dan GISTET 500 kV. Langkah energizing pertama tersebut tak lain untuk meningkatkan keandalan di sistem kelistrikan Jawa-Bali khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Upaya ini sebagai wujud PLN untuk terus menjaga keandalan sistem kelistrikan di tengah pandemi Covid-19. Kedua penyelesaian pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut merupakan bagian dari proyek strategis nasional,” ujar Manager Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat 2, Rifki Santoso di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, penyaluran tegangan listrik perdana tersebut telah berhasil dilaksanakan baru-baru ini oleh PLN. Adapun kedua infrastruktur tersebut untuk memenuhi pasokan listrik di wilayah Jakarta Timur, Bekasi dan Tambun. (Baca: Konsumsi Listrik Lebaran Capai 523.331 MWh)

“Selesainya kedua proyek ini juga sebagai upaya PLN untuk mendukung pengurangan Biaya Pokok Produksi (BPP) serta mengevakuasi daya listrik dari GITET 500 kV Bekasi yang saat ini sudah overload,” ungkap Rifki.

Dia menjelaskan, GISTET 500 kV Tambun 2 dibangun dengan menggunakan teknologi gas insulated substation untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan lahan di daerah padat penduduk serta untuk meningkatkan keandalan operasi dari gardu induk 500 kV. Sedangkan SUTET 500 kV Tambun 2 akan mendapatkan pasokan listrik dari SUTET 500 kV Muara Tawar arah Tambun 2 serta jalur Cibinong arah Tambun 2.

“Penyelesaian proyek GISTET 500 kV dan SUTET 500 kV Tambun 2 guna mendukung keandalan operasi kelistrikan dengan memperkuat saluran transmisi 500 kV Jawa Bali,” kata dia.

Di sisi lain, PLN UIP JBB juga memberikan bantuan sembako kepada para pekerja yang berpartisipasi dalam penyelesaian kedua proyek tersebut. Pembagian sembako dilaksanakan bertepatan dengan penyaluran perdana SUTET 500 kV dan GISTET 500 kV Tambun 2. (Baca juga: Petugas PLN Kembali Catat Meteran Listrik ke Rumah Pelanggan)

General Manager PLN UIP JBB Ratnasari Sjamsudin sebelumnya mengatakan tahun ini ada sekitar 109 proyek infrastruktur kelistrikan di wilayah jawa bagian barat yang akan diselesaikan dengan nilai investasi mencapai Rp19 triliun. Sedangkan sepanjang 2019 lalu PLN UIP JBB berhasil menyelesaikan 42 proyek infrastruktur dengan nilai investasi Rp12,6 triliun. (Nanang Wijayanto)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)