Warga Purwakarta Gumbira Dapat BST Rp600 Ribu

Sabtu, 24 Juli 2021 - 13:00 WIB
loading...
Warga Purwakarta Gumbira Dapat  BST Rp600 Ribu
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah sudah mulai melaksanakan penyaluran bantuan sosial tunai (bansos tunai/BST) serentak sejak 18 Juli lalu, termasuk di Kabupaten Purwakarta , Jawa Barat. BST yang disalurkan PT Pos Indonesia (Persero) dilakukan dengan mekanisme pengantaran langsung ke rumah masing-masing (door to door) keluarga penerima manfaat (KPM).

Setiap KPM menerima BST sebesar Rp300 ribu per bulannya. Pada bulan ini, tiap KPM yang masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan mendapatkan BST dari periode bulan Mei dan Juni, sehingga KPM mendapatkan Rp600 ribu.

Untuk memastikan penyaluran BST tepat sasaran, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi langsung lokasi penyaluran. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika turut mendampingi Mensos Risma dalam pencairan BST di dua desa. Penyaluran BST ini melibatkan TNI/Polri untuk mengawal petugas juru bayar dari Pos Indonesia.

Baca juga:PPKM Bakal Dilonggarkan? Pemerintah Perlu Pertimbangkan Lima Hal Ini

"Penyalurannya kan door to door. Untuk pengawasan kami libatkan jajaran TNI/Polri. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas)," kata Anne di Purwakarta, Sabtu(24/7/2021).

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan para aparatur desa untuk membantu penyaluran BST. Aparatur desa tersebut terdiri dari unsur RT/RW dan kepala desa di bawah koordinasi camat.

"Jika ada yang kurang jelas masyarakat bisa segera melapor ke lurah dan camat," katanya.

Kehadiran aparatur desa juga untuk membantu penyaluran beras kepada KPM. Sebab, Perum Bulog Purwakarta kekurangan personel dalam menyalurkan bantuan beras sebanyak 10kg yang merupakan tambahan bantuan sosial dari pemerintah. Mereka juga turut membantu memperlancar penyaluran bansos lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Kartu Sembako.

Anne mengatakan jumlah KPM penerima PKH sebanyak 28.068, program kartu sembako 41.535 KPM, BST 42.550 KPM, dan dana desa 26.371 KPM. Selain itu, Pemkab Purwakarta juga menyalurkan BST Rp600 ribu melalui dana APBD yang disalurkan kepada 15 ribu KPM.

Anne menyebutkan, 15 ribu KPM Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dimasukkan dalam Anggaran Dana Desa (ADD) ini di luar penerima BST yang disalurkan oleh Kemensos. "Kami berharap bisa membantu meringankan beban masyrakat yang terdampak PPKM level 4 ini," ujar Anne.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)