Manfaatkan Promo Saat Belanja di Masa Pandemi, Berikut Cara Kelola Gaji dengan Bijak

Selasa, 27 Juli 2021 - 21:08 WIB
loading...
Manfaatkan Promo Saat Belanja di Masa Pandemi, Berikut Cara Kelola Gaji dengan Bijak
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menghemat pengeluaran, adalah memanfaatkan promo. Misalnya Anda dapat berbelanja di tanggal tertentu yang menawarkan potongan harga khusus. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 yang masih tinggi, gajian merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu para pegawai atau pekerja. Bagi sebagian orang gaji adalah satu-satunya pendapatan mereka. Kemampuan mengelola gaji dengan baik agar mencukupi kebutuhan dan lebih bermanfaat merupakan kebutuhan yang mendesak saat ini. Gaji yang besar, bukanlah jaminan.

Berapa pun gaji yang Anda dapatkan, jika tidak dikelola dengan bijak pasti akan berantakan. Keluhan yang kerap disampaikan adalah habisnya uang gaji sebelum waktunya.



Perencana Keuangan, Andy Nugroho mengatakan, penghasilan harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan utama dan terpenting di dalam keluarga, misalnya kebutuhan pokok, membayar cicilan, membayar rekening listrik, air dan sekolah anak.

“Pembayaran cicilan kita, pembayaran kredit kita, itu prioritas pertama bayar kewajiban kita, karena apa? Karena kalau ga kita bayar ada kemungkinan barang kita atau aset kita disita atau kita mengalami blacklist dari BI jadi prioritas pembayaran adalah pembayaran wajib dulu. Kemudian yang sebaiknya dikurangi itu pembelanjaan atau konsumsi barang atau hal-hal yang kurang diperlukan atau kurang urgent misalnya tiba-tiba kita pengen ganti HP," sambung Andy di Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Di saat pandemi ini, menurut Andy Nugroho, ada juga kebutuhan penting lain yang harus diprioritaskan seperti masker, vitamin dan suplemen lain yang bertujuan untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh.

Sejalan dengan hal itu, menurut laman MNC Finance ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar keuangan di masa pandemi bisa berjalan dengan baik. Mulai dari memberlakukan sistem subsidi silang, menghemat pengeluaran, menambah alokasi dana darurat, dan terakhir merencanakan investasi jika memungkinkan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menghemat pengeluaran, adalah memanfaatkan promo. Misalnya Anda dapat berbelanja di tanggal tertentu yang menawarkan potongan harga khusus, atau merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari agar mendapat harga lebih murah.

Perencana Keuangan, Andy Nugoronho memberikan, tips untuk bisa bijak dalam memanfaatkan promo . Promo memang bisa menjadi cara untuk menghemat, tetapi harus benar-benar teliti melihat barang dan harga di pasaran.

“Saya suka lihat diskon atau promo flashsale yang ada di market place, kadang kita ngincer suatu barang nih tapi kita juga dalam hati bertanya-tanya benar gak sih barang ini di diskon atau hanya sekedar gimick doang. Biar kita gak terjebak promo sebaiknya kita pantau dulu sebenarnya berapa sih harga rata-rata, berapa sih harga pasarannya berapa sih, jadi nanti ketika ada promo atau muncul di flashsale kita jadi tau oh beneran loh barang ini memang lebih murah dari biasanya," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3004 seconds (0.1#10.140)