Alirkan Kebaikan Idul Adha 1442 H, Laznas BSMU Salurkan Lebih 100 Ribu Kantong Daging

Selasa, 27 Juli 2021 - 18:57 WIB
loading...
Alirkan Kebaikan Idul Adha 1442 H, Laznas BSMU Salurkan Lebih 100 Ribu Kantong Daging
Pada tahun 2021 ini, Laznas BSMU berhasil menghimpun hewan qurban berupa kambing dan sapi sebanyak lebih dari 3.000 hewan setara kambing, atau setara dengan 100.000 kantong lebih daging qurban. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 lalu, bertepatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sehingga pemerintah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021, yang mengatur pencegahan penyebaran covid-19 dengan menghimbau agar masyarakat melakukan solat hari raya Idul Adha di rumah, serta melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada tanggal 21 Juli sampai dengan 23 Juli 2021.

Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) bersama mitra peternak yang merupakan binaan langsung dari Laznas BSMU, mengikuti anjuran pemerintah dengan mengadakan proses penyembelihan melalui live streaming yang disiarkan melalui Youtube dari berbagai titik wilayah di Indonesia.

Proses penyembelihan juga diadakan selama 3 hari, mulai hari Rabu, 21 Juli 2021 hingga Jumat, 23 Juli 2021. Proses penyembelihan yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 pada pukul 07.30 WIB, dibuka dengan penyerahan hewan qurban secara simbolis dari Bank Syariah Indonesia (BSI) kepada Laznas BSMU yang ditayangkan secara online.

Selanjutnya, para pequrban melihat langsung proses penyembelihan sesuai jadwal yang telah diinfokan sebelum hari raya Idul Adha. Setelah proses penyembelihan berakhir, para pequrban juga akan dikirimkan bukti dokumentasi serta sertifikat berqurban dari Laznas BSMU.

”Sangat bahagia dapat melaksanakan program qurban dimasa pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Terima kasih kepada para pequrban (mudhohi) yang telah mempercayakan hewan qurbannya kepada kami. Dengan berqurban melalui Laznas BSMU, semakin banyak masyarakat yang membutuhkan dapat memperoleh protein hewani dari daging, dan berharap semoga Indonesia segera pulih dari pandemic covid-19," ujar Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro dalam sambutannya.



Pada tahun 2021 ini, Laznas BSMU berhasil menghimpun hewan qurban berupa kambing dan sapi sebanyak lebih dari 3.000 hewan setara kambing, atau setara dengan 100.000 kantong lebih daging qurban. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 2 kali lipat dari jumlah hewan qurban tahun 2020 lalu.



Nantinya, daging qurban ini akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia dalam bentuk daging mentah yang telah dibekukan. Selama proses penghimpunan, Laznas BSMU mengoptimalkan berbagai channel online yang diantaranya adalah website resmi bsmu.or.id, platform donasi online jadiberkah.id, BSI Mobile khusus bagi nasabah Bank Syariah Indonesia, serta keberadaan Unit Representative Office (URO) yang tersebar di 8 kota besar.

“Ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan setiap tahunnya, karena ini merupakan bentuk tanggung jawab dan amanah yang harus kami tunaikan kepada para pequrban. Selain karena interaksi offline yang kian berkurang, kami terus berupaya mengoptimalkan layanan melalui online, salah satunya adalah mengadakan proses penyembelihan secara live streaming. Kami harapkan hal ini dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi para pequrban, walaupun menyaksikan dari rumah, tapi masih bisa merasakan kehikmatan dan antusias dalam proses penyembelihannya," sambung Risyad Iskandar selaku Direktur Marketing & Network Laznas BSMU.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)