Moms, Ini 3 Kunci agar Anak Tak Kalap dengan Uangnya Sendiri

Kamis, 29 Juli 2021 - 20:47 WIB
loading...
Moms, Ini 3 Kunci agar Anak Tak Kalap dengan Uangnya Sendiri
Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemberian pendidikan pengelolaan keuangan kepada anak sejak dini merupakan langkah yang sangat penting. Dengan pendidikan itu, nantinya anak akan mengerti cara mengelola uang mereka sendiri.

Pemahaman mengelola keuangan akan sangat berguna bagi anak Anda di kemudian hari. Anda juga perlu mengajarkan cara mengatur uang dengan baik, dari mana uang berasal, dan cara menghemat dalam penggunaan uang tersebut.

Baca juga:Gelar Pesta Ultah saat PPKM, Seleb TikTok Bekasi Kena Denda Rp12 Juta

Dikutip dari akun Instagram pribadi Perencana Keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie @pritaghozie, ada tiga money skill untuk anak yang penting untuk diajarkan. Mulai dari spending money hingga donating money.

“Dan ga kalah seru gantian aku ngajarin 3 Money Skills penting buat mereka. Ini dia…,” tulis Prita, Kamis (29/7/2021).

Berikut tiga money skill untuk anak yang penting untuk diajarkan:

1. Saving Money
Menyisihkan uang saat dapat pemasukan. Tidak cuma di tabungan, tapi bisa juga diajarkan investasi tipis-tipis. Start dengan emas, lanjut reksa dana dan saham saat usia 17 tahun!

Baca juga:Mengatasi Masalah Kulit saat Isoman, Lakukan Cara Ini!

2. Spending Money
Anak harus dikasih kebebasan belanja, supaya mengerti cara budgeting dan smart shopping. Penting banget masukin konsep value over price.

3. Donating Money
Mampu berbagi saat sedang punya uang adalah cikal bakal anak yang dermawan. Termasuk berani let go barang-barang saat masih layak pakai sebagai pre-loved giveaway.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)