ASDP Pastikan Tak Ada Kru Kapal Terpapar Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 - 16:10 WIB
loading...
ASDP Pastikan Tak Ada Kru Kapal Terpapar Covid-19
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan bahwa kru kapal ASDP yang diduga terpapar Covid-19, telah dinyatakan negatif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan bahwa kru kapal ASDP yang diduga terpapar Covid-19, telah dinyatakan negatif. Sebanyak 16 orang kru KMP Julung-Julung dan 19 orang kru KMP Ambu-ambu dinyatakan sehat.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, pada Selasa (26/5) secara formal telah diserahkan surat negatif Covid-19 secara langsung oleh Walikota Tarakan, Chaerul kepada ABK KMP Julung-Julung-Julung di Pelabuhan Laut Juata Tarakan, sekaligus melepas pelayaran kembali kapal tersebut.

"Setelah melakukan tes PCR, karantina dan dinyatakan sehat, kru dari KMP Julung-Julung dan KMP Ambu-ambu telah kembali ke kapal masing-masing. Kapal siap beroperasi dan kru juga telah siap bertugas kembali. Kami mengapresiasi dukungan Bupati, Pemda, tim gugus tugas Covid-19 dan aparat di Cabang kepada ASDP dalam memberikan pelayanan prima selama masa pandemi ini," kata Imelda dalam keterangan resminya, Kamis (28/5/2020)

Ia menambahkan, sejak awal pandemi Covid-19 di Indonesia, manajemen secara proaktif menerapkan protokol preventif dan kuratif, dimana prosedur pencegahan dan penanganan permasalahan terkait Covid-19 dilakukan secara cepat dan tepat.

"Hal ini terbukti bahwa hingga saat ini tidak ada karyawan ASDP, baik kru laut maupun darat yang terkena Covid-19. Kami secara konsisten memberlakukan protokol kesehatan dengan sangat ketat, baik kepada karyawan darat dan kru kapal di laut, termasuk juga kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan yang kami layani," ujar Imelda

Sejak awal pandemi, ASDP mengimplementasikan protokol preventif di kantor, pelabuhan dan kapal yang dikelola oleh 29 Cabang ASDP, dari Sabang sampai Merauke mulai dari sterilisasi pelabuhan dan kapal melalui penyemprotan disinfektan di seluruh akses ruang publik, pengecekan suhu tubuh, pemberian masker di pelabuhan, hingga penempatan hand sanitizer serta wastafel portable. Tidak lupa, sosialisasi pencegahan secara terus-menerus melalui media luar ruang serta media online

"Melalui announcer di pelabuhan dan kapal, kami juga aktif dan terus menerus mengumumkan kepada pengguna jasa agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan melalui budaya cuci tangan. Tidak hanya hand sanitizer, kami juga menyiapkan sabun cuci tangan di setiap toilet yang berada di pelabuhan maupun kapal," tuturnya

Untuk langkah kuratif, ASDP juga bekerjasama dengan pihak layanan kesehatan dalam penyediaan ambulance di titik-titik pelabuhan, serta menyediakan Posko Penanganan Suspect Covid-19 bagi pengguna jasa dan karyawan.

Sedangkan untuk pihak internal ASDP, langkah preventif dalam lingkungan karyawan dan kantor dilakukan secara aktif dengan pengecekan suhu tubuh setiap masuk kantor, penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor, pelaksanaan extra fooding bagi seluruh karyawan yang masih bekerja di kantor dan lapangan melalui pembagian makanan, vitamin dan susu secara rutin serta membentuk tim tanggap darurat untuk penanganan jika ada karyawan atau tamu kantor yang terindikasi Covid-19.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)