Keuangan Positif di Tengah Pandemi, Kinerja PLN Diapresiasi

Jum'at, 30 Juli 2021 - 16:02 WIB
loading...
Keuangan Positif di Tengah Pandemi, Kinerja PLN Diapresiasi
Kemampuan PLN menjaga kondisi keuangan tetap positif di tengah pandemi dinilai patut diapresiasi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengapresiasi keberhasilan PT PLN (Persero) yang mampu menjaga kondisi keuangan perusahaan di tengah kondisi pandemi yang berdampak besar pada ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan laba yang didapatkan PLN di semester I tahun 2021.

"Di tengah kondisi pandemi yang belum selesai dan pertumbuhan listrik yang belum tinggi, PLN mampu melakukan optimalisasi sehingga semester pertama ini bisa meraih hasil yang positif," ujar Mamit dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/7/2021).



Mamit mengatakan, untuk tetap menjaga kinerja positif sampai akhir tahun 2021, PLN harus bisa melakukan efisiensi dan juga menjaga arus modal sehingga tetap berhasil baik di tahun 2021 ini. PLN menurutnya juga harus bisa membuat skala prioritas untuk setiap pekerjaan yang dilakukan sehingga keuangan mereka benar-benar fokus kepada urgensi pekerjaan.

Mamit menambahkan, jika memang memungkinkan bisa dilakukan re-negoisasi dengan IPP untuk mencari win-win solution di tengah belum tumbuhnya konsumsi listrik nasional.

"PLN juga saya kira harus terus melakukan sosialisasi dan juga promo terkait dengan kebijakan yang mengajak masyarakat untuk menggunakan kompor listrik serta promo untuk meningkatkan daya listriknya," kata dia.
Sepanjang semester I ini, penjualan listrik PLN mengalami kenaikan dibandingan semester I tahun 2020 sebesar 3,7%.

Ditengah kondisi pandemi ini, lanjut Mamit, kehandalan PLN dalam memberikan layanan kepada masyarakat juga patut diapresiasi. Pasalnya, saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi.



PLN belum lama ini mengumumkan laporan keuangan dimana perusahaan membukukan perolehan laba bersih sebesar Rp6,6 triliun sepanjang semester I/2021. Dalam laporan keuangan konsolidasi PLN semester I tahun 2021 (unaudited) yang diterbitkan pada 28 Juli 2021, disebutkan pencapaian laba perusahaan ditopang kenaikan penjualan tenaga listrik, serta efisiensi berkelanjutan melalui sejumlah program transformasi.

Tak hanya itu, di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan adanya pembatasan kegiatan masyarakat, PLN tetap mampu mencetak peningkatan penjualan tenaga listrik sebesar Rp140,5 triliun di paruh pertama 2021.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)