Luhut Sebut Pemerintah Bakal Percepat Pembangunan Ibu Kota Provinsi Maluku Utara

Selasa, 03 Agustus 2021 - 10:27 WIB
loading...
Luhut Sebut Pemerintah Bakal Percepat Pembangunan Ibu Kota Provinsi Maluku Utara
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan melakukan percepatan dalam pembangunan ibu kota Maluku Utara , yaitu Sofifi. Pemerintah juga akan akan mempercepat pembangunan sarana dan prasarananya.

“Kita perlu fokus untuk mempercepat pembangunan Ibu kota Sofifi supaya pemerintahan bisa berjalan secara maksimal dan masyarakatnya nyaman tinggal di sana,” kata Menko Luhut dalam rapat koordinasi kunjungan kerja secara virtual, Selasa (3/7/2021).

Baca juga:Mongol Stres Pernah Ditangkap Polisi karena Judi, Dipenjara 4 Bulan

Dalam kesempatan itu, Menko Luhut memberikan arahan agar pembangunan dilakukan terpusat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Luhut meminta Sekjen Kementerian PUPR untuk membuat paster plan sehingga dapat segera dilaporkan kepada Presiden.

“Karena terbatasnya sarana dan prasarana di sana, pemerintahannya pun belum berjalan secara optimal. Pemerintah sepakat untuk tidak mempermasalahkan status Sofifi,” ujarnya.

Menurut Luhut hal tersebut disandarkan pada Undang-Undang Nomor 46 Tahun 1999 tentang Pembentukan Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat ditetapkan bahwa Sofifi merupakan ibu kota Maluku Utara.

Baca juga:Mongol Stres Pernah Ditangkap Polisi karena Judi, Dipenjara 4 Bulan

“Saya harap tahun 2022 pembangunan dapat dimulai dan kuartal pertama tahun 2023 masyarakat sudah mulai pindah ke Sofifi sambil melanjutkan pembangunan yang belum selesai,” pungkasnya.

Menanggapi keputusan ini, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba yang turut hadir bersama sultan/tokoh masyarakat setempat mengaku senang dan berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat. Ia pun menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku Utara akan mendukung pemerintah pusat dalam menyukseskan pembangunan infrastruktur di Sofifi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)