Terpanjang di ASEAN, Bendungan Semantok Ditarget Rampung 2022

Selasa, 03 Agustus 2021 - 23:16 WIB
loading...
Terpanjang di ASEAN, Bendungan Semantok Ditarget Rampung 2022
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - BUMN sektor konstruksi, PT Brantas Abipraya (Persero) mencatat pembangunan bendungan Semantok akan rampung pada tahun 2022 mendatang. Bendungan tersebut diklaim terpanjang di Asia Tenggara (ASEAN).

Proyek bendungan Semantok terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Keberadaan bendungan tersebut akan memperkuat ketahanan air dan pangan di kawasan Nganjuk dan sekitarnya.

“Iya proyek ini ditargetkan selesai tahun depan, karena nantinya Bendungan Semantok diproyeksikan akan memperkuat ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya,” ungkap Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas, Selasa (3/8/2021).



Anas mencatat, Semantok memiliki panjang mercu bendungan 3.100 meter. Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 31,56 meter.

Nantinya, bendungan dapat menampung air dengan total volume tampung 32,67 juta meter kubik dan luas area genangan 365 hektar, sehingga saat musim kemarau bendungan tersebut dapat menyuplai air.

"Jadi masyarakat tak perlu lagi ketakutan akan tertimpa kekeringan di area persawahannya. Hal ini pun juga dapat meningkatkan produktifitas pertanian, karena dapat mengairi irigasi ke hamper 2.900 hektar lahan sawah," jelas dia.



Kehadiran Bendungan Semantok juga dapat memberikan manfaat sebagai pengedali banjir karena daya tampungnya yang besar. Hal itu membuat bendungan dapat menahan air yang berlimpah saat musim hujan.

Bahkan, berpotensi sebagai penyedia air baku sebanyak 312 liter per detik dan dapat mengurangi risiko banjir 137 meter kubik per detik. "Dengan diselesaikannya Bendungan Semantok, harapannya menambah daftar bendungan karya Brantas Abipraya di Jawa Timur, setelah diresmikannya Bendungan Tukul oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Pacitan awal tahun ini,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)