Proyeksi Sri Mulyani: Ekonomi RI Tumbuh 4% di Kuartal III 2021

Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:15 WIB
loading...
Proyeksi Sri Mulyani: Ekonomi RI Tumbuh 4% di Kuartal III 2021
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2021 atau akhir September akan melambat akibat dari merebaknya varian baru. Meski begitu pertumbuhan ekonomi masih di jalur positif kendati lebih rendah dibandingkan kuartal II 2021 yang mampu menembus angka 7,07%.

"Kita masih berharap antara range 3,7% dengan 4,0% untuk kuartal III 2021. Ini sebuah tantangan karena kita hanya bisa melakukan pada upper end, apabila delta bisa dikendalikan dan mobilitas serta kegiatan ekonomi mulai bisa berjalan secara normal kembali," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (5/8/2021).



Menurut dia Indonesia masih menghadapi tekanan yang luar biasa. Sebab itu itu, pemerintah memberikan bantuan sosial guna meminimalkan dampak terhadap masyarakat utamanya kelompok menengah bawah yang terpukul sangat dalam akibat pandemi. "Tentu kita berharap dengan pemulihan konsumsi, maka kelompok menengah atas sudah mulai beraktivitas dan itu akan makin memperkuat pemulihan ekonomi," jelas dia.



Menurutnya proram vaksinasi dan penerapan prokes yang baik akan mendorong mobilitas yang semakin tinggi di sejumlah aktivitas sehingga mampu mendorong konsumsi. "Itu bisa kita lihat dari sisi produksi, akomodasi dan transportasi naik tinggi karena masyarakat sudah mulai meningkatkan aktivitasnya," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)