Sri Mulyani Sebut Stabilitas Sistem Keuangan Aman

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 11:30 WIB
loading...
Sri Mulyani Sebut Stabilitas Sistem Keuangan Aman
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan stabilitas sistem keuangan triwulan II-2021 berada dalam kondisi normal di tengah meningkatnya kembali kasus Covid-19 varian Delta. Stabilitas itu pun akan terus diperkuat oleh para pemangku kepentingan.

"Menteri Keuangan, Ketua Dewan Komisioner OJK, Gubenrur BI, Ketua LPS menyepakati komitmen bersama dan penguatan sinergi untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan terus mempertahankan momentum pemulihan ekonomi,"kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (6/8/2021).

Baca juga:Ucapan Perpisahan via Video Aksi Messi, Barcelona: Thank You, Leo!

Kata dia, perekonomian dunia melanjutkan tren pemulihan terutama ditopang oleh Amerika Serikat (AS) dan China. Pada kuartal II-2021, perekonomian AS tumbuh 12% yoy, dipengaruhi oleh basis yang rendah (low-base effect) karena tahun lalu terjadi kontraksi 9,1%. Dengan ekonomi global yang pulih membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07%.

"Serta kebijakan moneter dan sektor keuangan yang akomodatif telah mendorong pemulihan ekonomi nasional. 7,07% yoy, ini strategi pemulihan yang baik," katanya.

Dia menambahkan pemulihan ekonomi ini juga ditopang oleh realisasi belanja negara yang tumbuh tinggi. Rinciannya terdiri dari komponen terutama belanja modal yang melonjak sangat tinggi yaitu 90% dan belanja barang yang melonjak tinggi 79% pada semester I.

Baca juga:Fitur Lebih Kompleks untuk Proyek Alexandria dan Babylon

"Ini juga ditopang oleh realisasi belanja negara yang tumbuh relatif tinggi, yaitu 9,38% year-on-year pada semester I 2021," tandasnya.

Senada yang sama, Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan kondisi industri jasa keuangan masih dalam kondisi stabil dan kuat. "Kondisi jasa keuangan dalam stabil dan kinerja perbankan triwulan kedua meningkat dan industri keuangan dalam level memadai," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)