Sejumlah Perusahaan Raih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 23:26 WIB
loading...
Sejumlah Perusahaan Raih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 19 BUMN , empat BUMD, dan lima swasta meraih penghargaan di ajang penganugerahan The Best GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh media BusinessNews Indonesia.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerja sama dengan OCEG - USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, dan IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) bertempat di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kamis malam (5/8).

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, strategic management, finance, banking, insurance, ICT, riset & inovasi yang menjadi dewan juri GRC & Performance Excellence Award 2021, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan governance, risk and compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

Baca juga:Warga Australia yang Tinggal di Luar Negeri Bisa 'Terjebak' Jika Pulang

“Tujuannya untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/8/2021).

Lebih lanjut Irnanda menjelaskan bahwa pemenang GRC Award 2021 ini didasarkan pada penilaian atas jawaban: apakah perusahaan itu memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan good corporate governance (GCG) atau tidak? Bagaimana strategi yang dilakukan oleh para CEO dalam menghadapi krisis ekonomi global dan domestik di masa pandemi Covid-19? Transformasi digital seperti apa yang dijadikan sebagai kunci sukses dalam penerapan GRC di korporasi untuk mendukung kesuksesan? Serta bagaimana tata kelola dan mitigasi risiko yang sudah dilakukan di perusahaan agar menjadi korporasi terpercaya?

“Kalau dari sisi Kementerian BUMN, sudah meluncurkan budaya kerja “Akhlak (Amanah, Kompetensi, Haromins, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif)” untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada publik maupun rakyat pada umumnya. Ternyata budaya itu diteladani dengan baik oleh perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN, BUMD, bahkan swasta pun mengikuti,” tegas Irnanda.

Dewi Hanggraeni, Chairman Board of Jury, menjelaskan bahwa acara GRC & Performance Excellence Award 2021 di tahun kedua Covid-19 ini merupakan momen yang tepat untuk recovery and reinvention dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan. Diadakannya acara ini juga untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GCG, penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan.

Baca juga:Serasa Punya Keajaiban, Aplikasi Ini Bisa Membuat Anda Paham Bahasa Kucing
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)