Balitbang Golkar: Pertumbuhan Ekonomi 7% Bukti Kinerja Baik Airlangga Hartarto

Selasa, 10 Agustus 2021 - 20:43 WIB
loading...
Balitbang Golkar: Pertumbuhan Ekonomi 7% Bukti Kinerja Baik Airlangga Hartarto
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi 7,07% yang diraih Indonesia pada kuartal kedua 2021 adalah bukti kinerja Menko Perekonomian Airlangga Hartarto . Pasalnya, Airlangga sebagai Menko dinilai berhasil melakukan dua hal, yakni meredam penyebaran Covid-19 dan menggerakkan roda perekonomian.

Dalam hal meredam penyebaran Covid, Jerry Sambuaga menilai tren Indonesia makin baik dari hari ke hari. Meskipun sempat melonjak tinggi karena varian Delta, tetapi dengan koordinasi dan kerja keras lonjakan itu bisa diredam.

“DIlihat dari statistik, lonjakan itu paling tinggi terjadi pada sekitar bulan Juli. Namun perlahan lonjakan kasus penderita bisa diturunkan. Penyediaan fasilitas kesehatan dan sarana penunjang juga bisa kembali normal dalam tiga atau empat minggu,” ujar Jerry Sambuaga, Selasa (10/8/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:Airlangga: Islam dan Demokrasi Telah Miliki Kompatibilitasnya, Golkar Siap Mengawalnya

Strategi untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak di dalam maupun luar negeri menurut Jerry Sambuaga sangat membantu upaya-upaya tersebut.

Dalam hal penyediaan sarana kesehatan, pemerintah bergerak cepat dengan membuka fasilitas-fasilitas sementara. Demikian juga dalam menangani permintaan oksigen dan obat-obatan, pemerintah beserta stake holder terkait bisa segera beradaptasi.

Program vaksinasi juga menjadi sorotan Balitbang. Menurut Ketua Balitbang, vaksinasi yang terjadi sekarang sudah menunjukkan trend partisipatif yang baik.

"Yang dimaksud dalam partisipasi ini bukan hanya dalam hal peserta vaksin tetapi juga penyelenggara vaksin. Dunia usaha khususnya sangat supportif pada pemerintah dalam menyelenggarakan vaksin di berbagai daerah," jelas Jerry Sambuaga.

Hal ini terlihat dari partisipasi pelaku usaha dan asosiasi dalam penyelenggaraan vaksin banyak yang ikut serta, mulai dari Kadin, Aprindo, Hippindo dan asosiasi yang lain.

"Masyarakat juga makin terinformasi dan makin sadar dalam mengikuti program vaksin. Intinya vaksinasi ini sudah menjadi kesadaran bersama. Dan ini sangat bagus untuk pemulihan ekonomi," kata Jerry Sambuaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)