BNI-Pertamina Gandeng UMKM Ansor Genjot Pertashop dan Agen46

Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:25 WIB
loading...
BNI-Pertamina Gandeng UMKM Ansor Genjot Pertashop dan Agen46
Webinar Nasional dengan Tema Pengembangan UMKM Sahabat Ansor melalui Program Pertashop. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus menggarap pengembangan sektor UMKM . Salah satu program yang dilaksanakan adalah mendorong inklusi keuangan serta pembiayaan bagi UMKM Sahabat Ansor yang dikembangkan melalui sinergi antara BNI dengan pemerintah, BUMN sektor energi, serta organisasi masyarakat.

Kolaborasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengakselerasi perekonomian Indonesia yang pada kuartal II/2021 telah menunjukkan tren positif meski masih di tengah pandemi Covid-19.

Dalam upaya membangun harapan dan membuka alternatif solusi atas tantangan pengembangan UMKM, BNI pada Rabu (11/8) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan Tema "Pengembangan UMKM Sahabat Ansor melalui Program Pertashop". Webinar yang juga diikuti oleh pelaku UMKM, kementerian/lembaga terkait, serta masyarakat umum ini diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi bisnis UMKM saat ini.



Lewat Pertashop, BNI dengan Pertamina mendorong pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa, khususnya bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) GP Ansor yang ingin menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG).

BNI memberikan Program Khusus Pembiayaan Pertashop yang mudah, cepat dan murah sehingga diharapkan mempercepat terwujudnya program Pertamina one village one outlet di 83.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina.

Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan, GP Ansor memiliki 7 juta kader dengan mayoritas yang masih berada di level ekonomi menengah ke bawah dan masih sedikit yang berjiwa kewirausahaan.

"Ini harus kita bantu, peluang bisnis Pertashop Insya Allah bisa diakses oleh GP Ansor untuk bagaimana sumber pembiayaan dan training-training untuk dapat diupayakan agar bisa naik kelas. Saya mendukung penuh acara kolaborasi ini," papar Erick dalam siaran pers, Kamis (12/8/2021).

Erick menambahkan, bahwa kolaborasi BNI dengan GP Ansor ini akan melengkapi kolaborasi lainnya yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan PT Pos Indonesia pada 30 Juni 2021. Kerja sama dengan Pos Indonesia juga dilakukan untuk mendampingi Kader GP Ansor agar dapat mengembangkan diri sebagai wirausaha dan memiliki akses permodalan.

Sementara Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, Program Pertashop akan menghadirkan energi besar terutama dalam mendukung program-program pemerintah dan untuk skala lebih luas, mampu mewujudkan cita-cita kebangsaan yaitu masyarakat sejahtera, adil dan makmur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2580 seconds (0.1#10.140)