PIS dan PIMD Gandeng Low Sulphur Fuel Oil Trading Singapura

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 14:13 WIB
loading...
PIS dan PIMD Gandeng Low Sulphur Fuel Oil Trading Singapura
VLCC PIS Pioneer difungsikan sebagai Floating Storage Unit (FSU) di Tanjung Pelepas, Malaysia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pertamina International Shipping Pte Ltd (PISPL) dan Pertamina International Marketing and Distribution Pte Ltd (PIMD) menjalin kemitraan strategis untuk mengoptimalkan kapal VLCC PIS Pioneer sebagai Floating Storage Unit (FSU) di Tanjung Pelepas, Malaysia.

PIMD mulai mengoperasikan PIS Pioneer, VLCC buatan Jepang tahun 2004, untuk jangka waktu sewa sebagai FSU pada tanggal 24 Juli 2021. FSU PIS Pioneer dan telah berhasil menyelesaikan transfer minyak pertamanya ke tongkang yang dikendalikan PIMD Eager pada tanggal 28 Juli 2021 dimana selanjutnya Eager mengirimkan produk LSFO kepada pelanggan PIMD di Singapura.



PIS Pioneer merupakan salah satu kapal FSU yang telah mendapatkan persetujuan sebagai titik suplai dari proses penilaian FOB Singapore Marine Fuel yang dilakukan oleh S&P Global Platts selama beroperasi di Singapura dalam jangka waktu satu setengah tahun terakhir periode sewa di tahun 2019-2021.

PIMD, berambisi untuk menjadi pemimpin pasar dalam bisnis bunker di Singapura dan bersaing dengan perusahaan minyak internasional dan perusahaan perdagangan lainnya di Asia. Untuk itu, PIS dan PIMD berkolaborasi untuk menjadikan kawasan Nipa di Kepulauan Riau sebagai lokasi yang strategis sebagai pusat kegiatan bunkering dalam pelayanannya bersaing dengan wilayah Singapura.

PIS dan PIMD sepakat saling mendukung untuk bisnis perdagangan dan pelayaran dan sebagai wujud komitmen PT Pertamina (Persero) untuk mengirimkan energi dan solusi logistik laut kepada mitra internasional. Kemitraan ini dilandasi oleh keyakinan bersama bahwa kolaborasi di seluruh subholding Pertamina dan Pertamina Grup adalah inti untuk mencapai pertumbuhan Perusahaan yang berkelanjutan.

PISPL, anak perusahaan PT PIS sebagai Subholding Shipping PT Pertamina (Persero) dan bercita-cita menjadi Integrated Marine Logistics Company, akan terus mendukung PIMD dan subholding lainnya di lingkungan Pertamina Group.

"Melalui PISPL sebagai anak perusahaan di luar negeri, lebih banyak kapal yang dikendalikan PIS telah secara aktif dikomersialkan kepada Penyewa pihak ke-3 di wilayah tersebut untuk periode dan sewa perjalanan dengan menyertakan area perdagangan di seluruh dunia," ujar Corporate Secretary PIS Arief Sukmara di Jakarta, Jumat(13/8/2021).



PIS terus menunjukkan agresifitasnya untuk penetrasi ke pasar internasional dan memperkuat posisinya sebagai salah satu Asia’s Leading Shipping Company.

Dalam mewujudkan perusahaan Subholding Integrated Marine Logistics Company, harapannya PIS Pioneer sebagai VLCC yang dikelola merupakan salah satu bentuk upaya proyek VLCC yang berhasil bersinergi dengan mitra bisnis pada saat ini yaitu PIMD, yang tentunya bertujuan dalam mewujudkan kebutuhan energi nasional.

"Kerja sama ini diharapkan dapat terus maju dan berkembang juga terhadap VLCC yang baru saat ini yaitu Pertamina Pride dan Pertamina Prime," tambahnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)