Pulihkan Ekonomi Desa, Ini Langkah Strategis Kemendes

Minggu, 15 Agustus 2021 - 03:39 WIB
loading...
Pulihkan Ekonomi Desa, Ini Langkah Strategis Kemendes
Ilustrasi Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan beberapa strategi khususnya dalam memulihkan ekonomi di masa pandemi Covid-19 .

"Sampai dengan hari ini, pandemi covid-19 yang melanda di Indonesia masih belum berakhir dan bahkan makin bertambah kasusnya, Kemendes dalam mendukung untuk desa bisa aman dari Covid dan kami mengeluarkan beberapa kebijakan seperti pemulihan ekonomi yang melibatkan banyak lembaga," ujar Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan PDTT Sugito, melalui webinar virtual, Sabtu (14/8/2021).



Sugito mengaku berkurangnya pendapatan dan kelangkaan barang di desa berdampak pada menurunnya konsumsi. Sebagian masyarakat harus mengatur pengeluarannya karena ketidakpastian kapan pandemi berakhir.

"Kami bekerja sama dengan kementerian/lembaga berupaya untuk bisa kembali merestrukturisasi kredit atau pembiayaan modal kerja sektor informal, bantuan UMKM dan BUMDes, program Bantuan Langsung Tunai dan Padat Karya Dana Desa, BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa, dan Digitalisasi Desa," paparnya.

Bantuan langsung tunai yang disalurkan kepada keluarga miskin di desa juga diharapkan dapat mendorong daya beli masyarakat desa. "Melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha sehingga aktivitas perekonomian kembali hidup setelah mengalami stagnasi akibat pandemi," ujarnya.



Dukungan tersebut dikatakan oleh Sugito dijalankan melalui subsidi bunga, insentif pajak, dan penjaminan untuk kredit modal kerja baru untuk merangsang UMKM dan BUMDes Koperasi kembali menjalankan produksi barang dan jasa.

“Mendorong masyarakat pedesaan untuk menjalankan proses produksi agar terciptanya kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif guna meningkatkan pendapatan,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)