Fablab PresUniv Jababeka Bantu Industri Atasi Kebutuhan SDM

Rabu, 25 Agustus 2021 - 22:46 WIB
loading...
Fablab PresUniv Jababeka Bantu Industri Atasi Kebutuhan SDM
Kawasan komersial di kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat yang merupakan township di koridor timur Jakarta. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Salah satu fasilitas di township kota Jababeka yang dikembangkan PT Jababeka, Tbk. (KIJA) yakni President University (PresUniv) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang disiapkan untuk menghadapi era industri 4.0.‘’Kami menambgah Fabrication Laboratorium (FabLab). untuk melatih seluruh mahasiswa dengan berbagai keterampilan yang dibutuhkan dalam era Industri 4.0,” papar Rektor PresUniv Jony Oktavian Haryanto, Rektor PresUniv dalam keterangan tertulisnya Rabu (25/8/2021).

(Baca Juga : Wow! Beverly Hills Jababeka Jadi Tempat Isolasi Pekerja Industri di Bekasi )

FabLab juga bertujuan membantu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan solusi yang berbasis Industri 4.0. Jony memaparkan bahwa sejak tahun 2020, pihaknya menghadirkan kurikulum yang baru. Kurikulum tersebut kami rancang berdasarkan masukan dari seluruh stakeholders dan menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam meniti pilihan kariernya di masa depan, yakni menjadi entrepreneur, eksekutif profesional atau peneliti.

Dengan lokasi kampus PresUniv yang berada di tengah-tengah kawasan industri Jababeka, kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, ungkap Jony, itu membantu mahasiswa dalam menyiapkan SDM yang handal. Di kawasan industri Jababeka ada lebih dari 1.750 perusahaan nasional maupun multinasional. ‘’Kami telah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan tersebut,’’ucapnya.

(Baca Juga : Kawasan Jababeka Perkuat Destinasi Wisata Olahraga, Buka Event Bergengsi Kemenpora )

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Handa S. Abidin, menjelaskan, pada tahun pertama seluruh mahasiswa akan menerima pembelajaran yang fokus pada peningkatan kemampuan softskills, seperti Emotional Intelligence, Integrated Survival Experience, Digital Literacy, Coding dan Big Data.
Untuk tahun kedua, papar Handa, mahasiswa akan menerima pengetahuan yang bersifat hardskills. “Ini pengetahuan dan keterampilan yang bersifat teknis,” jelasnya.

Bagi mahasiswa yang setelah lulus ingin berkarier sebagai eksekutif profesional, mereka boleh memilih program magang di berbagai perusahaan atau instansi lainnya. Jika ingin menjadi entrepreneur, mahasiswa akan dipersilakan untuk bergabung dengan inkubator bisnis yang didirikan oleh PresUniv, yakni SetSail BizAccel.

PresUniv mengundang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangka menyambut kehadiran mahasiswa baru angkatan 2021. Kapolri mengajak seluruh mahasiswa baru untuk senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. “Jadikan iman dan takwa sebagai landasan dari setiap tindakan, baik saat menuntut ilmu maupun dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Kapolri juga berpesan agar mahasiswa mau menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul, jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan kompetensi. “Jadikan motto tiada hari tanpa belajar sebagai pemicu semangat dalam memburu cita-cita,” tegas Kapolri. Kapolri juga meminta semua mahasiswa untuk senantiasa menjaga disiplin dirinya sendiri.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2582 seconds (0.1#10.140)