Tiga Syarat Fundamental OJK Topang Ekonomi Digital RI

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 18:35 WIB
loading...
Tiga Syarat Fundamental OJK Topang Ekonomi Digital RI
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, digital saat ini sudah borderless alias bisa diakses dari mana saja tidak bisa dikontrol. Untuk itu OJK telah berkali-kali menyampaikan bahwa transformasi berbasis digital sangat penting.

Namun, dalam pengembangan digital ekonomi Indonesia, Wimboh menekankan harus didorong 3 prasyarat fundamental. Pertama memastikan bahwa transformasi digital akan mencapai 3A (access, affordability dan ability).

"Fokus utama adalah membangun infrastruktur digital yang memadai dan merata tidak hanya masyarakat perkotaan namun juga seluruh masyarakat pedesaan dan ini untuk mendukung layanan digital untuk mencapai finansial inklusi yang cepat dan juga quality yang bagus dan juga harganya murah," kata dia.



Selanjutnya poin kedua, Wimboh mengatakan bahwa perkembangan ekonomi Indonesia harus dikembangkan ke arah digital. Karena kedepannya ekonomi berbasis digital menjadi motor penggerak roda perekonomian kita digital ekonomi dapat diharapkan mendorong UMKM masuk rantai pasokan global.

"Sehingga pemulihan ekonomi akan lebih cepat pasca covid ini dan terakselerasi dengan baik, ini adalah momentum dengan adanya mobility yang terbatas, digital ini adalah jawaban," ujar dia.

Ketiga, Indonesia harus mampu menjelma jadi negara digital friendly melalui pembangunan ekosistem yang terintegrasi, pemahaman konsumen, pengembangan UMKM dalam platform digital dan dukungan pemerintah melalui kebijakan-kebijakan yang lebih friendly dan akomodatif itu adalah merupakan hal-hal yang harus kita siapkan bersama.

"Dimana sekarang ini dapat kami sampaikan terdapat 52 bank yang menawarkan keuangan elektronik, 22 bank menawarkan perbankan digital dan 10 bank dengan layanan open banking," kata dia.



Sebagaimana diketahui, volume transaksi digital banking per Juli 2021 mencapai 650 juta transaksi dengan nominal 3.410 triliun. Sedangkan di pasar modal sekarang juga sudah dikembangkan security crowd funding terdapat 5 platform yang menghimpun dana sebesar USD17,4 juta per Mei 2021 dengan proyeksi perhimpunan dana mencapai USD 24,1 juta sampai dengan Desember 2021. Untuk inovasi keuangan digital terdapat 12 kategori yang tercatat di OJK melalui recruit recent box yang meliputi 87 inovasi keuangan digital yang memberikan kontribusi sebesar USD681 juta kepada perekonomian sejak tahun 2018.

"Di pasar modal OJK sedang mendorong penawaran IPO perusahaan start up unicorn yang dilakuan di bursa Indonesia kebijakan dengan literasi calon konsumen, emiten dan investor," ujar dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)