Ekosistem Gojek Jadi Andalan UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Selasa, 07 September 2021 - 16:01 WIB
loading...
Ekosistem Gojek Jadi Andalan UMKM Bertahan di Tengah Pandemi
Pegawai Moko Burger menyerahkan pesanan konsumen kepada seorang mitra Gojek. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19. Sejumlah UMKM terpaksa harus menutup usahanya karena tidak mampu bertahan terhadap perubahan perilaku konsumen.

Melihat pergeseran kebiasaan masyarakat saat ini yang lebih cenderung berbelanja dan melakukan pesan antar makanan secara daring, ribuan UMKM mampu bertahan dengan mengandalkan ekosistem layanan Gojek. Mereka merasakan manfaat go digital bersama Gojek.

Baca Juga: UMKM
Usaha yang dimulai Becky sejak tahun 2018 ini dari awal memang menyusun konsep delivery dan take away. Becky hanya menerima pesanan dari rumah melalui aplikasi pesan Whatsapp, hingga 6 bulan berikutnya ia bergabung menjadi mitra usaha GoFood. Kemudahan dalam menjual pun ia rasakan setelah bermitra dengan layanan GoFood.

"Saya merasakan banyak kemudahan setelah bergabung menjadi mitra usaha GoFood. Hasil penjualan dapat saya rekap baik melalui aplikasi GoBiz ataupun yang dikirimkan otomatis melalui email setiap hari. Selama pandemi ini, Gojek rutin memberikan promo kepada pelanggannya, tentunya program ini sangat membantu kami para pelaku UMKM untuk dapat bertahan dan bangkit selama pandemi Covid-19 ini," tutur Becky.

Untuk sarana komunikasi, Becky mengandalkan media sosial untuk menginformasikan produk serta promosi apa saja yang sedang berlangsung. Hal ini sangat membantu karena menurutnya masyarakat saat ini begitu terbatas dalam beraktivitas, sehingga perlu menyuguhkan informasi melalui media sosial.

beradaptasi sehingga bisa bangkit di situasi pandemi Covid-19, dan tetap optimis bertumbuh ke depannya. Salah satunya melalui kemudahan migrasi UMKM dari offline ke online, atau mempercepat UMKM untuk go digital.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)