Menhub Lobi Jepang, Dapat Dukungan ke Patimban hingga MRT serta Proyek di Bekasi

Selasa, 07 September 2021 - 21:27 WIB
loading...
Menhub Lobi Jepang, Dapat Dukungan ke Patimban hingga MRT serta Proyek di Bekasi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa Pemerintah Jepang telah menyatakan dukungannya terhadap upaya percepatan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur transportasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan ( Menhub ) Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa Pemerintah Jepang telah menyatakan dukungannya terhadap upaya percepatan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur transportasi kerja sama Indonesia – Jepang.



Hal itu disampaikan saat konferensi pers Kunjungan Kerja Menhub Ke Tokyo, Jepang, Selasa (7/9). Menhub menyampaikan dalam kunjungannya tersebut, Pemerintah Jepang menyatakan akan mendukung optimalisasi Pelabuhan Patimban dengan mengajak para perusahaan industri otomotif dan operator pelabuhan asal Jepang, untuk turut memanfaatkan Pelabuhan Patimban dan mendorong pihak Konsorsium agar segera menyelesaikan kesepakatan membentuk joint venture (konsorsium).

“Ini menjadi bentuk dukungan terhadap operasional Pelabuhan Patimban sebagai bagian dari ekosistem industri otomotif di Indonesia,” terangnya.

Kata Budi, Pemerintah Jepang juga menyatakan dukungannya mencari peluang untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan melibatkan lebih banyak perusahaan Indonesia pada proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban tahap 1-2.

“Kami terus melobi pihak Jepang agar penggunaan TKDN atau kandungan lokal pada setiap kerja sama yang dilakukan semakin meningkat,” jelas Menhub.

Selanjutnya, terkait pembangunan MRT fase 2, Pemerintah Jepang juga akan mendorong pihak terkait untuk dapat mempercepat proses lelang sehingga proyek dapat segera direalisasikan tepat waktu.

“MRT yang ada di Jakarta juga merupakan proyek kerjasama Infrastruktur kereta api yang monumentalnya memberikan arti bagi hubungan Indonesia dan Jepang,” tutur Budi.



Lebih lanjut, Menhub menerangkan terkait proyek KPBU Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, pihak Jepang memberikan respon dan antusiasme yang baik terhadap proyek ini.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kapasitas untuk membangun fasilitas tersebut. Dengan adanya fasilitas itu, kata Budi, Indonesia nantinya bisa melakukan ekspor kendaraan tanpa melakukan uji tipe di luar negeri.

Ia berharap, pertemuan dengan Pemerintah Jepang mampu mengakselerasikan penyelesaian proyek infrastruktur dalam negeri, termasuk transportasi agar mampu beroperasi sesuai rencana.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)