Semakin Menarik! Ada yang Beda di Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2021

Senin, 13 September 2021 - 12:47 WIB
loading...
Semakin Menarik! Ada yang Beda di Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2021
Konferensi Pers Kick Off Wirausaha Muda Mandiri secara virtual di Jakarta, Senin (13/9/2021). Foto/Michelle Natalia
A A A
JAKARTA - Ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang telah berjalan hampir 15 tahun sejak 2007 telah banyak menumbuhkembangkan pelaku usaha muda mandiri. Melalui ajang kompetisi ini, para peserta didorong untuk menjadi wirausaha muda yang kreatif, inovatif, dan mampu berkontribusi untuk perekonomian nasional.

"Ini menjadi ajang yang ditunggu-tunggu. Kenapa? Karena ini ajang mereka menjadi kreatif dan pelajaran dengan adanya inkubasi dan lain-lainnya nanti dari Bank Mandiri," ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha dalam Konferensi Pers Kick Off Wirausaha Muda Mandiri secara virtual di Jakarta, Senin (13/9/2021).



Namun, ajang WMM yang digelar tahun ini sedikit berbeda karena adanya pandemi Covid-19. Tahun lalu, kata dia, semua masih digelar secara fisik, mulai dari tahap pengajuan aplikasinya, kurasi, menemui para calon WMM, hingga acara awarding-nya.

"Tahun lalu, saat mereka (calon WMM) sudah punya proyeknya, mereka diseleksi, nanti mereka akan dikumpulkan dalam satu acara WMM Awarding Night, di mana nanti akan dilakukan penjurian dan mereka akan diberikan hadiah yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Sementara tahun ini, jelas Rudi, hadiahnya justru belum ditetapkan. Tetapi para perserta WMM ini yang akan menentukan hadiahnya. Mereka yang akan meyakinkan para juri, bahwa merekalah yang terbaik di antara para wirausaha muda lain. Tahun lalu, acaranya adalah WMM Awarding Night, dan sekarang adalah WMM Capital League.



"Jadi ada liganya, di akhir sesi acara nanti, mereka akan ada program yang kita lakukan di Bali dan di Jakarta. Tahun lalu pun bedanya, mereka present di depan juri dan dikurasi sedikit, ada pemenangnya dan mereka dapat langsung hadiahnya. Kalau sekarang, reward-nya lebih besar karena plafon hadiahnya itu mereka sendiri yang menentukan, bagaimana nanti para investor akan tertarik terhadap proyek-proyek mereka," terangnya.

Dia melanjutkan, para investor ini menambahkan nominal rupiahnya jika mereka tertarik, sehingga memungkinkan hadiahnya menjadi lebih besar. Acara WMM 2021 ini pun dikemas sedemikian rupa supaya tidak membosankan, karena akan dimeriahkan dengan acara reality show dan rangkaiannya akan dilakukan terus sampai akhir acara di WMM Capital League.

"Tahun lalu, yang sudah pernah juara tidak boleh ikut lagi. Tetapi tahun ini, yang sudah pernah juara sebelumnya silahkan ikut kembali. Mereka akan mempresentasikan proyek mereka yang sudah ada untuk meyakinkan juri-juri nasional supaya bisa mendapatkan reward yang lebih besar lagi, ini menjadi lebih kompetitif," jelas Rudi.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)