BUMN Holding MIND ID Catat Laba Bersih Rp4,7 Triliun

loading...
BUMN Holding MIND ID Catat Laba Bersih Rp4,7 Triliun
Mining Industry Indonesia (MIND ID) perusahaan BUMN Holding, yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, mencatat kinerja produksi dan keuangan yang positif.
JAKARTA - Mining Industry Indonesia (MIND ID) perusahaan BUMN Holding, yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, mencatat kinerja produksi dan keuangan yang positif di sepanjang semester pertama pada 2021 dengan membukukan Laba Bersih sebesar Rp4,7 triliun, naik signifikan dibandingkan posisi Rugi Bersih Rp1,8 triliun pada periode semester yang sama di 2020.

Hal ini ditopang oleh kinerja produksi dan penjualan Grup MIND ID yang optimal, implementasi strategi keuangan khususnya dalam menjaga tingkat likuiditas, dan membaiknya harga komoditas global.

CEO Grup MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan, pada semester 1 pada 2021 Grup MIND ID mencatat kinerja operasional dan keuangan yang jauh lebih baik dibandingkan 2020.

“Sebagai strategic holding, kami menerapkan strategi keuangan khususnya dalam menjaga tingkat likuiditas, termasuk untuk memenuhi kewajiban finansial yang ada memonitor dan menjaga tingkat produksi dan penjualan, serta mendorong sinergi di antara Anggota MIND ID,” ujarnya.



Di semester pertama pada2021, Perusahaan memastikan kegiatan operasional Anggota MIND ID dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga aktivitas produksi dan penjualan dapat berjalan optimal dan aman.

Seiring dengan adanya pemulihan perekonomian dunia serta didorong oleh permintaan komoditas yang cukup tinggi, perusahaan mencatat pendapatan Rp39,2 triliun atau meningkat 34 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp29,3 triliun.

Grup MIND ID mencatat profitabilitas yang positif ditunjukkan dengan capaian Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar Rp10,9 triliun atau naik 198 persen dibandingkan posisi Juni 2020 sebesar Rp3,6 triliun. Posisi EBITDA Margin mengalami perbaikan yakni sebesar 28 persen, lebih tinggi dibandingkan pencapaian Juni 2020 sebesar 12 persen. Net Profit Margin juga mengalami peningkatan menjadi 12 persen dibandingkan pencapaian Juni 2020 yang tercatat -6 persen.

MIND ID optimis dapat mencapai kinerja sesuai dengan target yang ditetapkan. Pada semester 2 pada 2021, Perusahaan akan meneruskan program kerja yang telah ditetapkan dan berfokus pada mendorong tingkat produksi, optimalisasi sinergi Grup MIND ID, percepatan program investasi dan menjaga likuiditas Perusahaan. CM
(srf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top