Total Hadiah 2,5 Miliar, Ini Alasan Anak Muda Indonesia Wajib Ikut Wirausaha Muda Mandiri

Selasa, 14 September 2021 - 11:13 WIB
loading...
Total Hadiah 2,5 Miliar, Ini Alasan Anak Muda Indonesia Wajib Ikut Wirausaha Muda Mandiri
(kiri ke kanan) Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, Aktor/Produser dan Juri WMM Lukman Sardi, Owner Noonaku Signature dan Juri Perwakilan Alumni WMM Florentina Jeanne Sutanto dalam K
A A A
JAKARTA - Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tahun 2021 resmi dimulai.Hadiahnya pun sangat fantastis, yaitu total senilai Rp2,5 miliar rupiah. Ajang kompetisi yang mengusung tema ‘Livin The Dream” ini tentu menjadi sebuah kesempatan emas bagi anak muda di seluruh Indonesia untuk turut ambil bagian. Para pemenang akan mendapat suntikan modal untuk mengembangkan usaha, selain itu juga mendapatkan berbagai kesempatan pembinaan dan pelatihan, memperluas koneksi bisnis, hingga kesempatan mempromosikan usaha sampai di kancah internasional.

Pada penyelenggaraan WMM 2021 ini berbagai inovasi dilakukan Bank Mandiri selaku inisiator ajang kompetisi favorit pelaku usaha muda di Indonesia ini. Inovasi tersebut antara lain dengan mengubah system penjurian Awarding menjadi Capital League di mana peserta yang lolos ke tahap Nasional dapat menentukan sendiri hadiah sebanyak-banyaknya.

“WMM 2021 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Jadi tahun ini pertama kali kita menerapkan sistem penjurian Capital League untuk memperebutkan investor,” kata Rohan Hafas, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri dalam Kick Off Wirausaha Muda Mandiri yang digelar secara virtual langsung dari Plaza Mandiri, Jakarta (13/9).

Secara garis besar, setelah peserta yang memenuhi syarat terjaring dan mengikuti pelatihan selama masa inkubasi, tahapan berikutnya adalah presentasi bisnis di depan juri dan calon investor. Para peserta akan di-challenge untuk menunjukkan bahwa konsep mereka lah yang terbaik. Seperti dijelaskan Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha.

“Para peserta akan akan bertarung di depan para juri Nasional dan nanti akan ada pemenang utamanya dari masing-masing kategori. Mereka meng-convince dan mempertahankan konsep bisnis mereka. Mereka berkompetisi untuk menunjukkan bahwa bisnisnya lah yang terbaik sehingga mereka pantas mendapatkan reward yang setinggi-tingginya,” tuturnya.

Perbedaan mendasar lainnya, yaitu terletak pada kategori penjurian, WMM tahun ini terdapat dua kategori Business Existing dan Business Plan. Sehingga, kesempatan ini tidak hanya terbuka untuk anak muda yang sudah memiliki usaha tetapi juga bagi yang baru merancang model bisnis usaha juga dapat mendaftarkan diri. Perubahan konsep itu dilakukan sebagai bagian dari inovasi dalam menyiasati situasi pandemi.

“Kami mengubah konsep WMM tahun ini dengan konsep baru dalam penetapan kategori kompetisi, yaitu kategori Business Existing dan Business Plan. Kedua kategori ini sifatnya tantangan challenge, ” tutur Rohan.

Kategori Business Plan akan menjaring 20 pemenang untuk diberi pelatihan secara intensif dalam masa inkubasi. Sedangkan kategori Business Existing memilih 60 peserta kemudian dipilih lagi menjadi 15 orang dan dipilih lagi menjadi 5 peserta untuk mengikuti semacam kawah candradimuka di dua tempat, yaitu Bali dan Jakarta. "WMM menjadi ajang kompetisi yang ditunggu-tunggu. Ini ajang anak-anak muda untuk jadi lebih kreatif," kata Rudi.

Total Hadiah 2,5 Miliar, Ini Alasan Anak Muda Indonesia Wajib Ikut Wirausaha Muda Mandiri


Mengusung tema 'Livin The Dream’, Bank Mandiri kembali menggelar WMM untuk ke-15 kalinya dengan total hadiah Rp 2,5 Miliar. Foto MNC Portal Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)