Begini Cara Supaya UMKM Bisa Sukses Ekspor ke Luar Negeri

loading...
Begini Cara Supaya UMKM Bisa Sukses Ekspor ke Luar Negeri
Saat pasar dalam negeri lesu di masa pandemi COVID-19, pasar ekspor adalah konsumen yang harus dituju pelaku UMKM. Foto/Dok
JAKARTA - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Karena itu, saat pasar dalam negeri lesu di masa pandemi COVID-19, pasar ekspor adalah konsumen yang harus dituju pelaku UMKM.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Semarang Diresmikan, Targetkan Total 700 Ribu UMKM Jawa Tengah Go-Digital

Untuk membantu UMKM go international, ada tiga Kampus UMKM Shopee di Solo dan Semarang, Jawa Tengah; dan Bandung, Jawa Barat, yang bisa membantu mereka naik kelas. ‘Kampus’ ini dibekali fasilitas dan dukungan komprehensif dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Dengan kehadiran tiga Kampus Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang diharapkan semakin banyak UMKM di sekitarnya terbantu untuk naik kelas untuk masuk ke ranah digital dan global. Melalui fasilitas dan layanan di Kampus UMKM Shopee Ekspor yang dirancang sesuai dengan kebutuhan UMKM ," kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja.



Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Ekspor dan Kurikulum Vokasi Shopee Resmi Diluncurkan di Bandung

Untuk memudahkan UMKM memahami dunia digital, tiga kampus tersebut menghadirkan empat fasilitas dan layanan.

Bantuan Operasional dan Pendaftaran.

-Simulasi Gudang, di mana pelaku UMKM dapat menyaksikan langsung demonstrasi proses pengelolaan stok, mulai dari proses inbound hingga outbound barang.

Pelatihan dan Edukasi
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top