Banyak Manfaat, Ini 5 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

Jum'at, 17 September 2021 - 16:14 WIB
loading...
Banyak Manfaat, Ini 5 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit
Kartu kredit Motion dari MNC Bank. Foto/Dok MNC Media
A A A
JAKARTA - Kartu kredit adalah salah satu bentuk kemudahan yang ditawarkan bank ke nasabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Kartu kredit bisa berdampak positif bagi seseorang karena mempunyai manfaat yang cukup banyak.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal pemegang kartu kredit wajib mengetahui ketentuan serta tips menggunakan kartu kredit secara baik dan benar. Ada lima tips yang bisa diterapkan pemilik kartu agar penggunaan kartu kredit lebih tepat guna dan maksimal. Intip lima caranya di bawah ini:

1. Pandai Memanfaatkan Fasilitas

Kartu kredit dapat memenuhi kebutuhan pemiliknya dengan cara memanfaatkan fasilitas dan keuntungan yang diberikan, salah satunya membiayai kebutuhan darurat perawatan di rumah sakit, memanfaatkan fasilitas cicilan 0% untuk mengatur cashflow atau mendapatkan benefit diskon.

2. Perhatikan Tanggal Cetak Tagihan dan Jatuh Tempo

Pemegang kartu akan mendapatkan kesempatan membayar pemakaian kartu kredit dengan tempo yang cukup panjang yaitu 45 hari. Rentang waktu ini bisa digunakan pemilik kartu kredit untuk menyiapkan pembayaran tagihan dengan lebih teliti.

3. Sesuaikan Penggunaan Kartu dengan Kemampuan Membayar

Pada umumnya, kartu kredit akan memberikan limit dua sampai tiga kali lipat gaji Anda. Misalnya Anda memiliki gaji Rp4 juta, maka pihak bank akan menawarkan limit Rp8 juta. Hal ini sebagai fasilitas yang diberikan oleh bank agar nasabah lebih nyaman.

Namun pemegang kartu harus tetap memperhatikan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar. Agar penagihan tetap bisa dibayarkan lebih ringan tanpa dikenakan bunga, Anda dapat memanfaatkan fitur cicilan 0% yang ditawarkan untuk menjaga cashflow bulanan Anda tetap aman

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)