RI Produksi Mobil Listrik di Mei 2022, Bahlil: Sudah Paten!

Jum'at, 17 September 2021 - 18:34 WIB
loading...
RI Produksi Mobil Listrik di Mei 2022, Bahlil: Sudah Paten!
Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), Bahlil Lahadalia memastikan, untuk produksi mobil listrik di Indonesia beroperasi paling lambat di bulan Mei 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), Bahlil Lahadalia memastikan, untuk produksi mobil listrik di Indonesia beroperasi paling lambat di bulan Mei 2022. Dimana sebelumnya untuk ground breaking pabrik kendaraan listrik sudah dilakukan beberapa pekan sebelumnya.

"Bulan Mei paling lambat, Insya Allah sudah produksi. Jadi mobilnya sudah paten, nanti kita akan produksi, sudah mencapai 80% dan hampir sudah 100%. Bukan baru di bulan Mei atau akan, tapi kita sudah mulai," ujar Bahlil dalam keterangan virtual di Jakarta, Jumat (17/9/2021).



Dirinya mengaku untuk investasi pabrik baterai bersama Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution sudah dibangun di kawasan Karawang, Jawa Barat.

"Mobil listrik akan diproduksi di bulan Mei 2022 buatan Hyundai dan kami menerjemahkan transportasi ekonomi dari pak Jokowi. Pabrik baterai sel listrik tersebut nantinya akan mensuplai kendaraan-kendaraan listrik milik Hyundai. Kapasitas produksinya sebesar 10 giga watt hour,” paparnya.



Meskipun demikian, dirinya menyampaikan di era pandemi Covid-19 saat ini harus mengubah pola pikir dari bahan ekspor bahan baku menjadi bahan jadi.

"Tidak ada yang berkembang lebih cepat jika kita tidak memberdayakan sumber daya alam. Ini pertama kali di Indonesia, Asia dan jika dari tambangnya dibenahi maka itu akan menjadi yang pertama di Dunia,” tandasnya.

Sebagai catatan, Hyundai telah berinvestasi USD1,55 miliar atau sekitar Rp21 triliun untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Kesepakatan investasi ditandatangani 2019 dan disusul dengan pembangunan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)