PNM siapkan reksa dana untuk UMKM

Senin, 26 Desember 2011 - 12:55 WIB
PNM siapkan reksa dana untuk UMKM
PNM siapkan reksa dana untuk UMKM
A A A
Sindonews.com - Susahnya akses Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan sumber permodalan menyebabkan banyak dari mereka yang menggunakan sumber dana dari modal sendiri atau pinjaman dari rentenir.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengungkapkan, sebanyak 68,7 persen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan sumber dana dari modal sendiri atau pinjaman dari rentenir.

"Salah satu kendala UMKM dalam menjalankan kegiatan usahanya adalah terbatasnya akses kepada sumber permodalan. Sebagian besar atau sekitar 68,7 persen modal dari usaha mikro ini pun masih bersumber dari modalnya sendiri atau pinjaman dari rentenir," ungkap Direktur Utama PNM, MQ Gunadi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/12/2011).

Untuk itu, melalui anak perusahaannya yaitu PT PNM Investment Management telah diterbitkan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) dengan nama Reksa Dana Penyertaan Terbatas PNM Pembiayaan Mikro BUMN 2011 sebesar Rp200 miliar.

"Oleh karena itu, upaya penerbitan RDPT UKM menjadi target Perseroan ke depannya dalam membantu mengembangkan UMKM. Penerbitan ini pun sebagai bentuk komitmen Perseroan kepada investor untuk memberikan pilihan investasi dengan imbal hasil yang menarik dan risiko yang terukur," katanya.

Dana yang terkumpul sebesar Rp200 miliar dari RDPT ini, akan digunakan seluruhnya untuk pembiayaan kepada UMKM melalui Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Saat ini PNM telah memiliki 377 unit ULaMM yang tersebar di 22 provinsi yang fungsinya melayani UMK di 1,670 Kecamatan.

Rencananya, hingga triwulan I-2012 ULaMM akan bertambah 100 Unit untuk dapat melayani UMK di 2.100 Kecamatan dalam 25 Provinsi, sehingga pada saat itu, PNM memiliki 582 jaringan kantor layanan termasuk Cabang, Cabang Pembantu dan Klaster Koordinator.

Informasi saja, hingga November 2011, melalui unit-unit ULaMM telah dapat disalurkan pembiayaan sebesar Rp4,46 triliun untuk 73,413 pelaku UMKM. Tingkat NPL Gross ULaMM tercatat berada di kisaran 1,5-1,75 persen.

"Saat ini tercatat, 18 Bank Umum/Syariah dan enam Lembaga bersinergi dengan PNM untuk pembiayaan ULaMM, termasuk melalui penerbitan tiga reksa dana Penyertaan terbatas (RDPT)," tandasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9540 seconds (0.1#10.140)