Produk Mamin Halal Indonesia Jadi Pusat Perhatian Warga Nigeria

loading...
Produk Mamin Halal Indonesia Jadi Pusat Perhatian Warga Nigeria
Central Mosque di Kota Abuja, Nigeria: Negara ini menjadi potensi ekspansi produk mamin halal Indonesia. Foto/pixoto.com
JAKARTA - Produk makanan dan minuman ( mamin ) halal Indonesia makin menjadi perhatian seluruh dunia. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, produk halal Indonesia makin dikenal dan diminati.

Perhatian masyarakat dunia juga terjadi sepanjang pameran dagang internasional Halal Expo Nigeria 2021 yang berlangsung sejak 14-16 September 2021 di Trade Convention Center, Abuja, Nigeria.

Baca juga: Imigrasi Bali Buru Pria Nigeria Penganiaya Mantan Pacar

Pameran tersebut merupakan pameran internasional pertama bertema halal yang diselenggarakan di Nigeria yang juga diikuti oleh Malaysia dan Taiwan. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, produk mamin Indonesia dipandang baik karena punya sertifikasi halal.



“Produk mamin halal Indonesia menjadi pusat perhatian pada Halal Expo Nigeria 2021. Produk mamin Indonesia dipandang baik di mata masyarakat muslim di Nigeria karena memiliki sertifikasi halal yang diakui dunia,” kata Didi dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Pada pameran tersebut, produk mamin Indonesia mendapatkan potensi transaksi sebesar USD120 ribu. Potensi tersebut berasal dari permintaan para pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan pameran.

Nigeria sendiri belum memiliki badan sertifikasi halal yang didukung pemerintah. Sertifikasi halal di negara itu juga belum diwajibkan.

“Namun, beberapa organisasi muslim Nigeria telah menerbitkan sertifikasi halal dan beraliansi dengan beberapa badan sertifikasi halal dunia. Hal ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk mamin halal,” imbuh Lagos Hendro Jonathan, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

Berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021, Indonesia berada pada peringkat ke-4 dan Nigeria berada di peringkat ke-13 berdasarkan nilai indikator ekonomi. Sedangkan, di kategori makanan halal, modest wear, serta media dan rekreasi, secara berurutan Indonesia berada di peringkat ke-4, ke-3 dan ke-5 dunia.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top