Gandeng Lemhanas, Pengusaha Ingin Tingkatkan Nasionalisme Berbisnis

Jum'at, 24 September 2021 - 08:44 WIB
loading...
Gandeng Lemhanas, Pengusaha Ingin Tingkatkan Nasionalisme Berbisnis
Pengusaha berharap kerja sama dengan Lemhanas bisa meningkatkan nasionalisme dalam berusaha. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) menggandeng Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia ( Lemhannas ) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, serta tukar-menukar informasi. Kerja sama keduanya ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Kamis kemarin (23/9/2021).



“Japnas merupakan bagian kecil kelompok pengusaha yang memiliki tanggung jawab dalam membangun perekonomian masyarakat,” kata Ketua Umum PP Japnas Bayu Priawan Djokosoetono dalam sambutannya.

Bayu menyampaikan bahwa pengusaha memiliki tanggung jawab yang besar dalam pemulihan ekonomi di saat pandemi dan harus menjaga roda ekonomi nasional tetap berputar. “Pengusaha harus memiliki semangat nasionalisme. Kondisi pandemi saat ini menuntut peran serta pengusaha semakin besar, meskipun di lain sisi pengusaha juga harus mampu bertahan dari dampak pandemi,” lanjutnya.

Melalui kerja sama dengan Lemhanas, Japnas berharap mampu menciptakan pengusaha tangguh yang memiliki semangat pengabdian dan nasionalisme. “Lemhannas merupakan lembaga pengkaderan pemimpin nasional, termasuk bagi pengusaha. Sinergitas program dan transfer informasi sangat dibutuhkan untuk memahami perekonomian ke depan,” ungkap Bayu.

Senada dengan Bayu, Ketua Harian PP Japnas Widiyanto Saputro juga mengungkapkan bahwa banyak hal yang bisa disinergikan antara Japnas dengan Lemhannas. “Pendidikan, pelatihan, program, dan networking yang dimiliki Lemhannas sangat penting untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pengusaha di Indonesia. Japnas yang saat ini sudah berusia enam tahun, harus didorong memiliki peranan yang lebih besar bagi pembangunan nasional,”ungkapnya.

Di saat yang sama, Gubernur Lemhannas Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Agus Widjojo menyambut baik kerja sama itu. “Jangan sampai penandantanganan MoU hanya menjadi seremonial saja. Namun harus segera direalisasikan dalam program-program konkret. Semakin banyak pengusaha yang memiliki jiwa nasionalisme, akan semakin cepat mendorong kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.



Agus menambahkan bahwa Lemhannas membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai element masyarakat. “Kami memiliki tenaga ahli, instrumen pendidikan, serta informasi yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lebih maju. Dan kerja sama dengan pengusaha sangatlah penting, karena mereka adalah pemimpin di lingkup unit kerjanya, penanggung jawab di lingkungan perusahaannya. Tentu hal ini akan mendorong ekonomi nasional akan menjadi lebih baik,” tutup Agus.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)