Masyarakat Mulai Terbiasa Hidup Bersama Covid, Ekonomi Menuju Pulih 2022

Jum'at, 24 September 2021 - 13:11 WIB
loading...
Masyarakat Mulai Terbiasa Hidup Bersama Covid, Ekonomi Menuju Pulih 2022
Saya melihat, sekarang ini masyarakat kita sudah mulai biasa menjalani keseharian di tengah pandemi. Maka perekonomian Indonesia secara perlahan akan menuju ke posisi normal di tahun 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi meyakini perekonomian Indonesia sudah kembali pulih pada tahun 2022. Hal itu seiring dengan tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan mulai menyadari harus hidup berdampingan dengan Covid-19 .

“Perkiraan saya kalau masyarakat semakin disiplin menaati protokol kesehatan, walaupun pandemi tetap ada. Saya yakin perekonomian Indonesia secara perlahan akan menuju ke posisi normal di tahun 2022,” ujar Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah dalam diskusi di Market Review IDX Channel, Jumat (24/9/2021).



Menurutnya, walaupun virus covid-19 masih ada, pandemi sudah berubah menjadi endemi dan masyarakat sudah mulai beraktivitas normal dengan protokol kesehatan. Maka disaat itulah Indonesia bisa disebut sebagai kehidupan new normal. Artinya, seluruh masyarakat sudah sadar bahwa hidupnya sekarang berdampingan dengan covid.

“Saya melihat, sekarang ini masyarakat kita sudah mulai biasa menjalani keseharian di tengah pandemi. Kalau kita keluar rumah saja, sudah mulai macet dan ada kebiasaan baru masyarakat yang jika keluar rumah tidak memakai masker itu terasa risih. Selain itu, saya lihat masyarakat juga sudah terbiasa untuk menjaga jarak. Ini membuktikan bahwa masyarakat sudah sadar kalau hidupnya berdampingan dengan covid,” terang Piter.



Piter menilai, jika kebiasaan tersebut sudah benar-benar terbangun, dalam hal ini adalah sadar protokol kesehatan, maka secara otomatis akan mendorong perekonomian Indonesia menjadi posisi normal.

“Dalam kondisi seperti itu, maka konsumsi akan kembali normal dan hal tersebut akan memicu pergerakan investasi kita,” tambahnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)