Penerimaan Pajak dan Bea Cukai Meningkat hingga Agustus, Indikasi Ekonomi Membaik?

loading...
Penerimaan Pajak dan Bea Cukai Meningkat hingga Agustus, Indikasi Ekonomi Membaik?
Penerimaan negara dari pajak, bea dan cukai hingga Agustus 2021 mencapai Rp1.177,6 triliun. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan ekonomi terindikasi membaik pada kuartal III/2021. Hal itu terindikasi dari penerimaan negara sebesar Rp1.177,6 triliun yang tercatat sampai bulan Agustus 2021.

Pendapatan tersebut terdiri dari penerimaan pajak sebesar Rp743,3 triliun atau tumbuh 9,5% (yoy), Kepabeanan dan cukai Rp158 triliun atau tumbuh 30,4%, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp277,7 triliun atau tumbuh 19,6 secara tahunan.

Baca Juga: Sistem Pajak di Brunei Darussalam, Tak Kenal PPN dan PPh Orang Pribadi

"Ini merupakan suatu hal yang positif dan harus terus dijaga," ujar Sri Mulyani pada keterangan tertulis yang dikutip MNC Portal Indonesia, Jumat (24/9/2021).



Dari sisi belanja, sambung dia, APBN hadir di masyarakat dalam bentuk terjaganya belanja negara dalam menopang penerapan PPKM saat pandemi. Belanja negara tercatat mencapai Rp1.560,8 triliun terdiri dari belanja Pemerintah Pusat Rp1.087,9 triliun serta transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp472,9 triliun.

Baca Juga: Wanita Pelatih Seks Dibunuh Suami karena Cemburu, Dilempar dari Gedung 40 Meter

Tumbuhnya pendapatan negara itu juga di ikuti oleh belanja Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar 21,5%. Belanja tersebut antara lain untuk belanja modal melalui proyek infrastruktur dasar/konektivitas yang mulai berjalan. Kemudian, belanja barang yang berkorelasi dengan Covid berupa vaksinasi, klaim perawatan pasien dan bantuan produktif, serta penyaluran berbagai program bansos.

Sedangkan belanja yang bukan untuk kementerian ataupun lembaga adalah melalui THR pensiun, subsidi energi dan pupuk, serta program Prakerja.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top