Erick Thohir Kejar Target Luas Program Makmur 4 Juta Hektare

Sabtu, 25 September 2021 - 10:50 WIB
loading...
Erick Thohir Kejar Target Luas Program Makmur 4 Juta Hektare
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan bahwa Erick Thohir terus mendorong perluasan program Makmur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan penghasilan petani , Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong pelaksanaan program Makmur PT Pupuk Indonesia (Persero). Program yang diluncurkan pada Agustus 2021 ini akan diimplementasikan secara nasional.

Kali ini, program Makmur akan diimplementasikan di Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas lahan yang akan mengikuti program ini adalah 100 hektare dengan komoditas padi.



Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa para petani di Karawang harus mengikuti program Makmur karena memiliki banyak manfaat, yaitu meningkatkan produktivitas dan penghasilan petani.

"Saya hari ini ke sini mau ketemu Bapak-Papak, ingin tahu program ini apa saja yang perlu disempurnakan. Karena kan targetnya Pak Erick Thohir ini sampai 4 juta hektare, supaya program ini bisa di mana-mana," kata Arya saat berdialog dengan petani Rawamerta, Kabupaten Karawang, dikutip Minggu (25/9/2021).

Arya mengatakan bahwa melalui program Makmur pemerintah memberikan ekosistem lengkap yang bertujuan meningkatkan produktivitas hingga pengasilan petani. Ekosistem di sini menghubungkan petani dengan pihak project leader, asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, agro input, dan offtaker.

Lebih lanjut Arya menilai bahwa keharusan petani tergabung dalam program Makmur lantaran Karawang merupakan lumbung padi nasional.

"Tadi kita juga bertemu dengan petani yang belum tergabung dalam program. Kita harapkan dengan tanya jawab tadi petani-petani terbuka dan melihat langsung sehingga mereka dapat melihat ini sebuah program yang bisa memakmurkan mereka," kata Arya.

Sementara itu, Encum Hidayat yang merupakan petani dari Kelompok Tani Cahaya Barokah mengungkapkan bahwa program Makmur Pupuk Indonesia terbukti memberikan banyak manfaat. Salah satunya meningkatkan produktivitas dan penghasilan petani.

Sebagai petani, Encum mengaku dari awal bergabung sudah mendapat bantuan berupa benih, difasilitasi pupuk, serta didampingi dari awal tanam hingga proses penjualan hasil panen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)