Jaga Data Pribadi, OJK Kasih Tips Aman Bertransaksi di Perbankan

loading...
Jaga Data Pribadi, OJK Kasih Tips Aman Bertransaksi di Perbankan
OJK mengimbau masyarakat agar selalu waspada menjaga kerahasiaan data pribadi, termasuk saat melakukan transaksi di perbankan. Pasalnya, saat ini modus kejahatan semakin beragam. Foto/Dok
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) mengimbau masyarakat agar selalu waspada menjaga kerahasiaan data pribadi , termasuk saat melakukan transaksi di perbankan. Pasalnya, saat ini modus kejahatan semakin beragam.

“Masyarakat agar selalu waspada menjaga kerahasiaan data pribadi termasuk dalam melakukan transaksi di perbankan. Lakukan pengecekan rekening secara berkala dan jangan menandatangani formulir atau slip yang masih kosong,” kata Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot yang dikutip dari akun Instagram resmi OJK @ojkindonesia, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Pemahaman Literasi Digital Benteng Perlindungan Data Pribadi

Menanggapi hal tersebut, OJK memberikan langkah-langkah guna memastikan keamanan transaksi di perbankan. Mulai dari cek histori rekening/saldo secara berkala, hingga melapor jika menemukan transaksi mencurigakan.



“Pastikan keamanan transaksi di perbankan. Jika menemukan transaksi mencurigakan segera lapor ke Bank terkait dan Kontak OJK 157 @kontak157 melalui portal APPK di kontak157.ojk.go.id,” tulis OJK.

Baca Juga: Tegas! China Larang Semua Transaksi Mata Uang Kripto, Termasuk Bitcoin

Berikut langkah-langkah guna memastikan keamanan transaksi di perbankan:

1. Cek histori rekening/saldo secara berkala.

2. Aktifkan fitur notifikasi transaksi melalui sms/internet/mobile banking.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top