4 Pelindo Gabung Jadi Satu, Ternyata Begini Keuntungannya

Rabu, 29 September 2021 - 04:27 WIB
loading...
4 Pelindo Gabung Jadi Satu, Ternyata Begini Keuntungannya
Simak baik-baik, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjelaskan berbagai manfaat dari penggabungan empat Pelindo menjadi satu Pelindo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjelaskan berbagai manfaat dari penggabungan empat Pelindo menjadi satu Pelindo. Keuntungan dari kebijakan merger Pelindo ini beberkan oleh Kementerian BUMN melalui akun media sosial resminya.

“Pemerintah melalui @KementerianBUMN akan menggabungkan Pelindo I, II, III dan IV menjadi #SatuPelindo. Apa saja manfaat penggabungan empat BUMN Pelabuhan ini?” tulis akun Instagram resmi Kementerian BUMN, Selasa (28/9/2021).



Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian BUMN @kementerianbumn, ada berbagai manfaat atau keuntungan dari penggabungan empat Pelindo menjadi satu Pelindo. Adapun manfaat tersebut untuk negara, BUMN, hingga masyarakat.

Pertama, untuk masyarakat. Meningkatnya konektivitas dan standarisasi pelayanan #SatuPelindo akan berdampak pada efisiensi lalu lintas barang antar pulau dan penurunan biaya logistik secara bertahap.Selain itu, penggabungan Pelindo dapat membuka lapangan pekerjaan baru melalui investasi di sektor pelabuhan yang semakin meningkat.

Kedua, bagi pemerintah atau negara. Penggabungan Pelindo akan mempermudah koordinasi pemerintah dengan satu pengelola BUMN Pelabuhan di Indonesia.

“Penggabungan Pelindo juga diharapkan dapat meningkatkan kontribusi pendapatan Negara melalui dividen dan pajak sejalan dengan meningkatnya profitabilitas perusahaan serta membuka peluang lebih besar untuk masuknya investasi,” tulis Kementerian BUMN.



Terakhir untuk Pelindo sendiri, penggabungan ini akan membawa perusahaan go global. Pasca penggabungan, Pelindo akan menjadi operator terminal peti kemas terbesar ke-8 dunia dengan total throughput peti kemas sebesar 16,7 juta TEUs.

Selain itu, integrasi akan meningkatkan efisiensi operasional dan belanja modal (capex), menyatukan sumber daya keuangan, meningkatkan leverage dan memperkuat permodalan.

“Penggabungan ini juga mendorong Pelindo untuk lebih fokus pada bisnis sesuai dengan klaster atau subholding yang dibentuk pasca integrasi nanti,” tulis Kementerian BUMN.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)