Kolaborasi PTK-Pelindo I Perkuat Industri Maritim Nasional

Rabu, 29 September 2021 - 14:59 WIB
loading...
Kolaborasi PTK-Pelindo I Perkuat Industri Maritim Nasional
Penandatanganan perjanjian induk untuk layanan bisnis pelayaran, kepelabuhanan, dan logistik antara PTK-Pelindo I , Selasa (28/9/2021). Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Trans Kontinental ( PTK ) menandatangani Perjanjian Induk dengan PT Pelabuhan Indonesia I ( Pelindo I ) untuk layanan bisnis pelayaran, kepelabuhanan, dan logistik. Kerja sama melalui aliansi perusahaan industri sejenis ini diyakini akan meningkatkan kualitas dunia kemaritiman Indonesia.



Kerja sama tersebut mencakup optimalisasi kegiatan usaha eksisting PTK akan dilakukan selama lima tahun ke depan. Beberapa di antaranya yaitu pengembangan Shore Base Kabil Batam, Oil Spill Response, Jasa Marine (pandu dan tunda), Ship Chandler, Utilisasi Tug Boat dan Mooring Boat, Bunkering, Dredging, Agency, Mooring - Unmooring, Waste Management Services, Underwater Services, Pengembangan bisnis di Nipa (Selat Malaka), Fresh Water Supply, Penyediaan BBM, dan Crew Change.

"Kita di lapangan sama-sama mengelola bisnis yang banyak interception-nya, kita dapat bersinergi untuk menjadi lebih baik," ungkap Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan mengenai kerja sama tersebut, melalui siaran pers, Rabu (29/9/2021).

Nepos meyakini kerja sama ini akan membawa kedua perusahaan menjadi lebih kuat lagi dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan kontribusi yang signifikan bagi masing-masing perusahaan.



Direktur Utama PT Pelindo I Prasetyo menambahkan, kerja sama ini merupakan lompatan yang cukup besar yang diharapkan nantinya tidak hanya di wilayah Pelindo I saja, tetapi di seluruh Indonesia. "Indonesia itu negara kepulauan. Wilayah perairan kita juga besar. Ini yang harus kita sadari bahwa kejayaan marine business kita itu harus segera kita tingkatkan," ujarnya.

Evaluasi skema kerja sama antara kedua perusahaan akan terus dilakukan dengan harapan sinergi dan kolaborasi ini dapat segera diimplementasikan, berlanjut, serta meningkatkan potensi kerja sama pada bisnis lainnya. Adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan memberi kontribusi kepada bisnis dan memperkuat PTK dan Pelindo I untuk tumbuh bersama.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)