Dukung Kesuksesan PON Papua, Telkom Manfaatkan Tenaga Robot

Rabu, 29 September 2021 - 15:57 WIB
loading...
Dukung Kesuksesan PON Papua, Telkom Manfaatkan Tenaga Robot
Dirut Telkom Ririek Adriansyah (tiga kiri) memberikan paparan usai Penandatanganan PKS PON Papua antara Telkom dan Pengurus Besar PON Papua yang disaksikan Menkominfo Johnny G Plate (tengah), Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda (tiga kanan). Ist
A A A
JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk sukseskan perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Salah satunya dengan memanfaatkan tenaga robot melalui metode smart monitoring untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan jaringan.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan perseroan siap mendukung penuh kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dengan menghadirkan infrastruktur kelas dunia, seperti yang pernah dilakukan pada event besar nasional dan internasional sebelumnya.


“Selain dilaksanakan di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, PON tahun ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di ufuk timur Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Papua nantinya akan dikenal tidak hanya karena keindahan alam dan ragam budaya namun juga keberhasilannya dalam menyukseskan event PON,” kata Ririek dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. Selain itu, sebanyak 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan. Untuk layanan mobile, Telkomsel telah memastikan penguatan sinyal dengan mengerahkan 192 BTS. Telkomsel juga menghadirkan teknologi 5G di Stadion Lukas Enembe kepada para pengunjung.

“Untuk monitoring sistem dan jaringan telah dilakukan perusahaan secara hybrid, dengan mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning,” jelas Ririek.

Menurutnya, metode smart monitoring diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya. Telkom juga menyediakan 1.000 paket tracking vehicle dengan teknologi IoT serta digital marketing platform sebanyak 2,35 juta SMS broadcast.

Sebagai Official Platinum Telco Partner PON XX Papua 2021, telah dilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) antara SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza dengan Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah di Media Center PON XX di Gedung Sasana Krida Provinsi Papua, Kamis (23/9). Dengan demikian, Telkom akan menjadi partner resmi yang akan mendukung infrastruktur, jaringan, dan layanan telekomunikasi selama pergelaran PON XX Papua 2021 berlangsung.


Dalam sambutannya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Telkom yang telah membangun rute-rute baru untuk mengantisipasi putusnya kabel laut sehingga akses komunikasi dan internet di Papua berjalan lancar.

“Mari bersama-sama kita menjaga jaringan infrastruktur strategis ini. kami berharap PON ini mampu menjadi etalase yang baik. Etalase Papua dan Indonesia untuk masyarakat dunia. Dan ini menjadi harapan kita bersama agar PON XX Papua sukses. PON Papua, Torang Bisa!” kata Johnny.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)