Usai Merger, Berikut Rencana 5 Tahun PT Pelindo

Rabu, 29 September 2021 - 22:01 WIB
loading...
Usai Merger, Berikut Rencana 5 Tahun PT Pelindo
Hanya ada satu PT Pelindo mulai bulan depan, begini rencana perseroan dalam lima tahun ke depan. Setelah melakukan merger, bakal ada 3 tahapan dalam pembangunan 5 tahun Pelindo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hanya ada satu PT Pelindo mulai bulan depan, begini rencana perseroan dalam lima tahun ke depan. Setelah melakukan merger , bakal ada 3 tahapan dalam pembangunan 5 tahun Pelindo.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Prasetyadi menerangkan, pada dua tahun pertama, dijelaskan bahwa Pelindo akan melakukan bisnis-bisnis alignment serta pengembangan.

"Jadi kita akan melakukan integrasi, karena kan kita kan harus menggabungkan banyak anak perusahaan di Pelindo 1, 2, 3 dan 4. Nah ini kita integrasikan dulu," ujar Prasetyadi pada Special Dialogue IDXChanel, Rabu (29/9/2021).



Kemudian pada 2 tahun berikutnya, lanjut Dirut PT Pelindo IV ini akan mulai masuk ke pengembangan bisnis, melalui partnership dengan strategic panel. Selanjutnya pada tahun kelima, Prasetyadi menjelaskan akan mulai masuk ke world class operator.

"Jadi tahapan-tahapan itu kita lakukan, ada tiga tahapan selama 5 tahun. Pertama kita lakukan dulu integrase dan alligment dulu, kemudian kita baru ekspansi. Tahap ketiga kita sudah menjadi world class operator," sambung Dirut PT Pelindo IV.

Dirinya mengatakan dengan bergabungan 4 sekaligus perusahaan kepelabuhanan total asetnya bisa mencapai Rp112 triliun.

Kemudian apabila petikemas di setiap pelabuhan digabungkan maka akan menempatkan Indonesia ke posisi 8 dunia sebagai operator peti kemas terbesar. Selanjutnya Dirut PT Pelindo IV itu menjelaskan, dengan adanya merger ini akan memudahkan para operator untuk berkomunikasi dengan para asosiasi.

"Karena cukup dengan satu Pelindo saja dalam hal perbaikan sistem di semua pelabuhan kita, itu cukup melalui satu pintu," tuturnya.



"Dari situ kita akan berkoordinasi untuk melakukan perbaikan bisnis proses maupun seperti tadi yang disampaikan, seperti pungli dan sebagainya. Itu semua bisa diatasi kalau antara Pelindo dan seluruh stakeholder yang ada di pelabuhan itu bisa saling terintegrasi dan saling kolaborasi," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)