Oh Nehi! Perbankan India Didera Krisis Kredit Macet: Nilainya Diperkirakan Rp1.420 Triliun

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 09:09 WIB
loading...
Oh Nehi! Perbankan India Didera Krisis Kredit Macet: Nilainya Diperkirakan Rp1.420 Triliun
Perbankan India didera kredit macet yang nilainya miliaran dolar. Foto/Ilustrasi/businesstoday
A A A
JAKARTA - Dengan lebih dari 150.000 cabang yang sarat dengan deposito senilai USD2 triliun dan melayani lebih dari satu miliar nasabah, industri perbankan India terlihat mengesankan. Sayangnya, itu cuma di atas kertas, sebab bank-bank di India sejatinya berada dalam kekacauan.

Soutik Biswas, koresponden BBC di India, melaporkan bahwa sekelompok bank ditindih puluhan miliar dolar kredit macet lantaran bertahun-tahun memberikan pinjaman untuk proyek-proyek tak berguna. Pinjaman itu pun diberikan secara tidak bijaksana.

Cilakanya, bank-bank milik negara justru menyumbang lebih dari 60% terhadap utang yang macet tersebut. Lima di antara bank milik pemerintah itu malahan pernah diselamatkan dari keruntuhan sejak 2018.

Kredit macet itu juga akibat rendahnya pemulihan, hanya sebesar sepertiga dari total pinjaman. Angkanya baru meningkat sedikit, sekitar 40% hingga 45% setelah UU Kebangkrutan 2016 yang memungkinkan adanya likuidasi aset.



Nah, sekarang pandemi yang berdampak pada sejumlah debitur akan menambah panjang gagal bayar dan bakal menumpuk utang dalam beberapa bulan mendatang.

Otoritas India sepanjang tahun 2005 dan 2009 telah menyuntikkan dana talangan lebih dari USD35 miliar untuk menyehatkan kembali bank-bank yang sakit. Sayangnya, dana talangan yang bersumber dari uang pajak itu dianggap tidak banyak membantu.

Juli tahun lalu, Fitch Ratings mengatakan bank-bank India yang sedang kesulitan akan membutuhkan dana segar antara USD15 miliar USD58 miliar pada tahun depan.

Pemerintah India sendiri berencana meluncurkan "bad bank" yang telah lama dibicarakan dan akan mencoba menjinakkan kerdit macet sebesar USD27 miliar. Jumlah itu diperkirakan masih seperempat dari total nilai kredit macet India yang mencapai USD100 miliar atau setara Rp1.420 triliun.

Tekanan yang dihasilkan dari kredit busuk tidak hanya membuat perbankan tertatih-tatih, tetapi juga merusak pertumbuhan. Investasi swasta telah menukik tajam karena bank-bank yang menghindari risiko sangat irit mengucurkan kredit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2931 seconds (0.1#10.140)