Sandiaga Uno Dorong Pariwisata Mampu Beradaptasi Pascapandemi

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 22:55 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong Pariwisata Mampu Beradaptasi Pascapandemi
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong sektor pariwisata bisa beradaptasi pasapandemi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mempersiapkan pariwisata Indonesia pascapandemi. Banyak tahapan perlu dilalui, sehingga harus benar-benar bisa beradaptasi.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam acara puncak Semarak Kampung Berseri Astra (KBA) digelar Astra secara Virtual, Kamis (30/9). Hadir pula dalam gelaran itu Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Republik Indonesia Raden Isnanta serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Dalam acara itu, Sandiaga juga mengapresiasi Desa Sejahtera Astra (DSA) Wisata Muncar Temanggung. Sejauh ini tempat wisata tersebut diharapkan bisa sejalan dengan upaya pemulihan pariwisata pascapandemi yang tengah dijalankan pemerintah.

"Pariwisata pascapandemi harus bisa beradaptasi besar-besaran. Kami turut mengapresiasi Desa Sejahtera Astra Wisata Muncar Temanggung karena sudah melakukan upaya pengembangan desa wisata yang signifikan" kata Sandiagaseperti dikutip dari pernyataan resminya, Jumat (1/10/2021).



Menurut Sandi, kementeriannya menerapkan tiga pilar pemulihan. Diharapkan langkah ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kemenparekraf menerapkan tiga pilar pemulihan yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam menyusun untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor Parekraf," ungkap Sandiaga.

Dalam acara itu, Astra juga meluncurkan Gugus DSA “Astra Tourism & Craft Academy” yang berlangsung hingga Desember 2021. Banyak peserta tokoh penggerak KBA Wisata dan DSA dengan produk unggulan wisata tersebut.

Selain itu juga memiliki tujuan antara lain meningkatkan kapasitas KBA/DSA subgugus wisata, kriya dan budaya, membantu pemulihan ekonomi dan meningkatkan pendapatan usaha serta membantu sektor wisata.



"Dalam menjalankan program tersebut, Astra melakukan berbagai macam kegiatan yang meliputi pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan sarana, prasarana, dan fasilitasi modal, dukungan pemasaran, hingga pembentukan role model KBA dan DSA mandiri,” ujar Riza Deliansyah mengungkapkan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)