Expo 2020 Dubai Dibuka, Mendag Lutfi Terima Curhatan Eksportir Selama 45 Menit

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 00:56 WIB
loading...
Expo 2020 Dubai Dibuka, Mendag Lutfi Terima Curhatan Eksportir Selama 45 Menit
Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka episode pertama 45 Menit bersama Menteri Perdagangan Jelang Expo 2020 Dubai: UKM Ekspor ke Timur Tengah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka episode pertama 45 Menit bersama Menteri Perdagangan "Jelang Expo 2020 Dubai : UKM Ekspor ke Timur Tengah". Mendag Muhammad Lutfi membuka acara perdana yang akan dibuat rutin itu bertepatan dengan pembukaan perhelatan World Expo 2020 di Dubai pada Jumat (1/10/2021) malam.

Mendag Lutfi berdialog setidaknya dengan lima pelaku eksportir secara virtual. Mulai dari pengusaha kopi sachet hingga buah dan sayur, mereka diberi kesempatan "curhat" langsung mengenai permasalahannya.

"Pengusaha eksportir Indonesia yang utama kebetulan ini sebagian besar adalah pengusaha kecil dan kelas menengah sebenarnya menjadi pilar perekonomian Indonesia," kata Mendag Lutfi langsung dari Paviliun Indonesia di Dubai, Jumat (1/10/2021).



Mendag Lutfi didampingi Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi berkesempatan menyapa para pelaku ekspor di Paviliun Indonesia di Dubai.

"Saya berkesempatan menyapa bapak dan ibu dari Paviliun Indonesia di Dubai. Ini adalah Paviliun untuk menceritakan tentang civilisasi atau kemajuan Indonesia," ujarnya.

Mendag Lutfi menambahkan berada di tengah-tengah Paviliun beberapa negara yang jumlahnya 192, termasuk Paviliun tuan rumah yaitu Dubai yang sangat megah.

"Disini juga Indonesia mau mewujudkan eksistensinya, dan juga mau menunjukkan kontribusi Indonesia di masa lalu dengan rempah-rempah, hari ini dengan produk yang sustainable yang berkesinambungan, hijau, bertanggung jawab dan masa yang akan datang bagaimana ekonomi Indonesia akan di nahkodai oleh digital ekonomi dan tanggung jawab Indonesia bukan hanya saja generasi yang sekarang ini tetapi yang akan datang," jelasnya.



Acara 45 Menit bersama Menteri Perdagangan kali ini menghadirkan PT Sinar Prima Food (kopi sachet), PT Bio Takara (bulu mata palsu), Palem Craft (dekorasi rumah), Nudira Sumber Daya Indonesia (arang), Legong Bali (kerupuk udang) dan KSIP Agro (buah dan sayur).

45 Menit bersama Menteri Perdagangan ini akan diadakan rutin untuk berdialog dengan pelaku ekspor. Mendag Lutfi nantinya akan menampung masukan dan mencoba mencarikan solusi bagi para pelaku usaha tersebut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)