WhatsApp dan Instagram Down, Saham Facebook Langsung Anjlok

Selasa, 05 Oktober 2021 - 06:43 WIB
loading...
WhatsApp dan Instagram Down, Saham Facebook Langsung Anjlok
Aplikasi jejaring sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp mendadak down dan tidak bisa digunakan pada kemarin malam di seluruh dunia. Sebagai imbas dari gangguan ini, saham Facebook langsung anjlok. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Aplikasi jejaring sosial Facebook , Instagram, dan WhatsApp mendadak down dan tidak bisa digunakan pada kemarin malam di seluruh dunia. Sebagai imbas dari gangguan ini, saham Facebook langsung anjlok (-5,73%) di USD 323,34 pada Selasa (5/10) pukul 01:41 WIB.



Saat ini, Facebook tengah menghadapi masalah usai dituduh lebih mementingkan pendapatan daripada menahan ujaran kebencian dan hoax di platform mereka. Keluhan ini membuat anggota parlemen di Eropa menyerukan penyelidikan atas tuduhan tersebut.

Dari dalam negeri, gangguan ini terjadi pada Senin malam (4/10) sebelum melewati tengah malam waktu Indonesia. Pihak Facebook sendiri telah mengonfirmasi masalah ini tetapi tidak memberikan alasan spesifik perihal masalah yang melatarbelakangi gangguan tersebut.

Kepada para penggunanya, Facebook mengaturkan permohonan maaf dan menyatakan bakal segera memulihkan layanannya.

"Kami sedang berusaha untuk memulihkan semuanya menjadi normal lagi secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Facebook dalam situs web resminya.



Sementara menurut pakar keamanan siber, gangguan ini bisa dipicu oleh kesalahan konfigurasi, yang mungkin bisa terjadi akibat adanya kesalahan di internal.

Di sisi lain, asumsi adanya sabotase dari pihak eksternal juga mungkin bisa jadi salah satu pemicu, dilansir Reuters, Selasa (5/10/2021).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)