Baznas Sulut Dampingi UMKM Produksi Masker Kain

Rabu, 22 April 2020 - 02:12 WIB
loading...
Baznas Sulut Dampingi UMKM Produksi Masker Kain
Abid Takalamingan saat melihat langsung UMKM memproduksi masker kain. Foto/Dok.Humas Pemprov Sulawesi Utara
A A A
MANADO - Upaya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pandemiki Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Salah satunya membuat masker kain melalui pendampingan dari Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Sulut.

Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan menjelaskan, pemberdayaan UMKM merupakan inisiatif dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Menurutnya, selain menyediakan masker kain untuk mencegah penyebaran Covid-19, juga pemberdayaan para penjahit lokal yang kini kesulitan mencari nafkah akibat pesanan jahitan menurun drastis dampak dari pandemi corona.

"Ini adalah ide bapak gubernur. Baznas Sulut diminta melakukan pendampingan sebagai salah satu lembaga yang berhubungan dengan masyarakat ekonomi bawah. Kegiatan ini bisa menolong mereka selama pandemi corona," katanya di Manado, Selasa (21/4/2020).

Abid mengatakan, jumlah masker kain yang dibuat puluhan penjahit lokal ini setiap harinya mencapai 1.300 masker dan pada tahap awal, ditargetkan 100 ribu masker kain dapat diselesaikan untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat Sulut.

"Ini adalah misi kemanusiaan. Ada sekitar 20 UMKM yang didampingi Baznas dalam pembuatan masker kain yang telah berlangsung selama tiga minggu. Mesin jahit yang digunakan merupakan milik mereka masing-masing. Tanpa disadari mereka juga telah menjadi relawan kemanusiaan dalam upaya pencegahan Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Tati yang juga salah satu penjahit lokal mengapresiasi peranan Pemprov Sulut yang telah meringankan beban hidupnya akibat pandemi Covid19.

"Saya sangat bersyukur karena perekonomian keluarga jadi terbantu dengan adanya pesanan pembuatan masker kain ini. Hasilnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga," kata Tati.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)