Optimisme Menteri Teten: Kerja Sama dengan MNC Group Angkat Derajat UMKM

Rabu, 06 Oktober 2021 - 19:02 WIB
loading...
Optimisme Menteri Teten: Kerja Sama dengan MNC Group Angkat Derajat UMKM
Acara penandatanganan nota kesepemahaman antara Kemenkop UKM dan MNC Investama Tbk (BHIT atau MNC Group) di Jakarta, Rabu (6/10/2021). Foto/Azfar M
A A A
JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ( Kemenkop UKM ) hari ini menandatangani nota kesepemahaman kerja sama dengan MNC Investama Tbk (BHIT atau MNC Group ). Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimistis kerja sama ini bisa mengangkat derajat UMKM.

"Saya menteri koperasi dan UMKM memang tugasnya adalah bagaimana mengangkat derajat para pelaku UMKM, khususnya ekonomi UMKM agar bisa lebih maju," tegas Teten, di sela acara penandatangan kerja sama tersebut, Rabu (6/10/2021).



Teten meyakini, melalui dukungan MNC Group, upaya transformasi digital UMKM di Indonesia akan semakin cepat. Transformasi digital tersebut penting untuk memperkuat UMKM yang memiliki peran teramat penting bagi perekonomian nasional.

"Secara gabungan, UMKM menyerap sekitar 97% atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia," paparnya.

Melalui kerja sama dengan MNC Group, kata Teten, persoalan keterbatasan akses UMKM terhadap layanan finansial juga dapat dikurangi. "Besar harapan agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan daya saing UMKM. Ditambah lagi kerja sama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce yang merupakan keunggulan MNC Group," tambahnya.



Teten mengungkapkan, Presiden Joko Widodo meminta Kemenkop UKM untuk menaikkan level UMKM nasional. Melalui digitalisasi, kata dia, harapan ini diharapkan akan cepat terealisasi.

"Kami menargetkan kerja sama dengan MNC Group ini ikut mendorong transformasi digital UMKM. Di tahun 2023 kita targetkan lebih dari 30 juta pelaku UMKM go digital, dan tentunya ini akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)