Sandiaga Uno Optimis Produk Ekraf Desa Tembi Mampu Rambah Pasar Internasional

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 20:51 WIB
loading...
Sandiaga Uno Optimis Produk Ekraf Desa Tembi Mampu Rambah Pasar Internasional
Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Omah Budaya Jalan Karangkajen, Desa Tembi, Sewon, Bantul, DIY, Jumat (8/10/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ) Sandiaga Uno mengapresiasi Warwick Purser, seorang warga keturunan asing yang aktif mengangkat kearifan lokal Desa Tembi, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lewat kecintaan pria kelahiran Australia itu terhadap kebudayaan masyarakat lokal, kata Sandiaga, nama Desa Tembi kini mendunia. Beragam produk kearifan lokal yang dikurasi langsung oleh Warwick diyakini mampu bersaing di pasar internasional.



Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika mengunjungi Omah Budaya Jalan Karangkajen, Desa Tembi, Sewon, Bantul, DIY, Jumat (8/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga bertemu langsung dengan Warwick Purser, yang kini sudah berkebangsaan Indonesia. Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasihnya atas kerja keras Warwick yang membangun Desa Tembi.

Menurutnya, wajah Desa Tembi yang berada di selatan Malioboro itu menjadi bukti besarnya potensi pariwisata yang dimiliki DIY. Lewat minat dan kecintaan Honorary Consul For Mexico untuk Yogyakarta itu, beragam produk kearifan lokal tercipta. Peluang usaha sekaligus lapangan kerja ikut terbuka bagi masyarakat.

"Hari ini kita melihat satu kolaborasi antara artizen yang dikurasi oleh Warwick Purser di Omah Budaya. Ini mewakili unsur seni, kriya, fesyen, kuliner dan beberapa produk-produk kita yang dikemas dengan sangat apik, siap untuk masuk ke pasar internasional," ungkap Sandiaga Uno.

Atas pencapaian tersebut, dirinya kembali menyampaikan terima kasih. Semangat yang ditunjukkan Warwick dan masyarakat diharapkannya dapat memulihkan kembali sektor parekraf pada masa pandemi. "Saya ucapkan terima kasih Pak Warwick, Omah Budaya ini akan kembali dibuka dan kita lagi lihat bagaimana dampak pada kebangkitan dan kepulihan pariwisata dan ekonomi kreatif kita," ujarnya.



"Mudah-mudahan ini jadi awal dari kebangkitan pasca pandemi, sehingga pariwisata kita semakin berkualitas dan membuka peluang usaha dan lebih banyak lapangan kerja," jelasnya.

Kehadiran Sandiaga Uno yang berkunjung langsung ke Omah Budaya juga disambut gembira oleh Warwick. Dirinya mengaku beruntung dapat menyapa sekaligus mengajak Menparekraf Republik Indonesia tersebut berkeliling Omah Budaya.

"Terima kasih kembali untuk Bapak Menteri yang sudah berkunjung langsung ke Omah Budaya. Dengan kehadiran bapak kami berharap pariwisata akan kembali pulih dan membawa keberkahan bagi masyarakat," ungkapnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)