Bisnis Asuransi Tahun Ini Sedang Lesu, 2022 Diyakini Lebih Kuat

Minggu, 10 Oktober 2021 - 10:50 WIB
loading...
Bisnis Asuransi Tahun Ini Sedang Lesu, 2022 Diyakini Lebih Kuat
Pasar asuransi dan reasuransi diperkirakan masih akan dihadapkan pada ketidakpastian. Namun perusahaan asuransi menyakini tahun 2022, pertumbuhannya jauh lebih kuat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasar asuransi dan reasuransi pada 2022 diperkirakan masih akan sama dengan tahun ini yakni dihadapkan pada ketidakpastian. Namun, Presiden Direktur PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure), Adi Pramana mengatakan pihaknya tetap optimistis menghadapinya dengan sejumlah variasi kebijakan.

"Tapi tahun ini, saat bisnis sedang lesu, masih melambat, kurvanya mendatar. Kalau tahun ini mencapai bagian bawah kurva, tahun depan akan fantastis karena pertumbuhan akan jauh lebih kuat,” jelas Adi dalam wawancaranya.



Adi mengatakan, Tugure juga akan tetap berhati-hati untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi seperti tahun sebelumnya. "Tahun lalu kami mengalami pandemi dan bisnis melambat dengan pendapatan kami sedikit berkurang," jelasnya.

Pada 2020, Tugure juga dihadapkan pada sejumlah klaim yang signifikan dari banjir Jakarta pada bulan Januari dan Februari. Di samping itu, Tugure pun memiliki beberapa klaim asuransi kesehatan yang serius, terutama yang berkaitan dengan Covid-19.

Di tengah kondisi tersebut, Adi mengatakan, pihaknya cenderung untuk merefleksikan portofolio-manajemen portofolio dan kebijakan penjaminan emisi. Langkah itu, jelas dia, dilakukan untuk memudahkan Tugure menghadapi risiko yang terjadi.

“Kami telah meninjau kebijakan penjaminan emisi kami pada tahun 2019 sehingga ini adalah kedua kalinya kami meninjaunya dan kami mengambil kesempatan untuk menyeimbangkan kembali portofolio," ungkapnya

“Kami juga menjadi lebih matang dalam menghadapi risiko tahun ini,” tambah Adi.

Kekuatan Reasuransi Lokal

Berlakunya kebijakan integrasi ekonomi dalam kerangka masyarakat ekonomi ASEAN membuka peluang sekaligus meningkatkan persaingan di antara pelaku reasuransi lokal dana sing. "Dalam kawasan perdagangan bebas ASEAN, kami akan lebih terbuka kepada tetangga kami," kata Adi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)