Smelter Freeport Dibangun di Gresik, Jokowi Ingin Industri Lain Ikut

Selasa, 12 Oktober 2021 - 13:13 WIB
loading...
Smelter Freeport Dibangun di Gresik, Jokowi Ingin Industri Lain Ikut
Presiden Jokowi berharap pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, dapat menjadi daya tarik bagi industri lain untuk ikut berinvestasi. Foto/Dok
A A A
GRESIK - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) berharap pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, dapat menjadi daya tarik bagi industri lain untuk ikut berinvestasi.

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di KEK Gresik akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke KEK Gresik. Khususnya industri turunan tembaga, untuk ikut berinvestasi di sini," ujarnya dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).



Jokowi menuturkan, pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh agar iklim investasi di Indonesia khususnya di KEK Gresik semakin baik. Mulai dari infrastruktur, kemudahan berusaha hingga ketersediaan SDM.

"Seperti yang diminta oleh Pak Menko tadi, infrastrukturnya terus akan kita dukung, kemudahan dan kepastian berusaha akan kita dukung. Kemudian ketersediaan SDM sesuai dengan kebutuhan industri juga nanti pemerintah provinsi, pemerintah Kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik ini semakin maju dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi," jelas Presiden.



Sebagai informasi smelter PT Freeport yang dibangun dengan single line ini adalah yang terbesar di dunia. Bahkan memiliki kapasitas untuk mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga pertahun. Selain itu, pembangunan ini juga diklaim mampu menyerap 40 ribu tenaga kerja.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)