Genjot TKDN, PTK Sosialisasikan Kebijakan ke Mitra Bisnis

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:05 WIB
loading...
Genjot TKDN, PTK Sosialisasikan Kebijakan ke Mitra Bisnis
PTK menggelar vendor day untuk mensosialiasikan kebijakan TKDN dan HSSE di lingkungan perusahaan kepada rekan/mitra bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk membangun lingkungan bisnis yang sehat dan berkelanjutan dengan mitra bisnis, PT Pertamina Trans Kontinental ( PTK ) menggelar vendor day untuk mengenalkan peraturan dan kebijakan terbaru dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa di lingkungan PTK.

VP Corporate Bussiness Suport PT PTK Nurkasa Siregar menjelaskan, vendor day merupakan sarana pertukaran informasi interaktif antara PTK dan rekanan/mitra kerja, dimana sosialisasi serta peraturan maupun kebijakan terbaru dapat disampaikan.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Kemenperin Pelototi Penyerapan TKDN PLN, Pertamina, dan Telkom

Melalui kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan kebijakan pemerintah untuk mendorong tingkat komponen dalam negeri ( TKDN ) dapat dipahami dan diterapkan oleh seluruh rekanan PTK secara terus menerus.

"TKDN ini memang sesuatu hal yang baru yang ada di PTK, terutama di Pertamina. Harapannya akan diimplementasikan dan diimplementasikan oleh seluruh rekanan/mitra kerja PTK," ujar Nurkasa dalam keterangan resminya, Selasa (12/10/2021).

Dia menegaskan, rekan/mitra bisnis harus memahami bagaimana penerapan TKDN pada saat memasok barang dan jasa kepada PTK. "Vendor adalah mitra, di mana kerja sama harus menguntungkan kedua belah pihak," lanjutnya.

Manajer Relation PTK Komaruddin menambahkan, pada kesempatan tersebut dijelaskan pula tentang tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) PTK yang mengacu kepada prinsip untuk membangun lingkungan bisnis yang sehat dengan mitra bisnis dan pemangku kepentingan lainnya.

"Hal ini sesuai dengan prinsip TARIF yaitu transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness," jelasnya. Melalui Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), tambah Komarudin, PTK berkomitmen menyelenggarakan kegiatan bisnis perusahaan secara berintegritas, transparan, dan bersih.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga disampaikan sosialisasi kebijakan mengenai Health, Safety, Security, and Environment (HSSE). "Kita minta seluruh rekanan PTK agar bisa memahami apa saja kebijakan Health, Safety, Security, and Environment yang ada di PTK," ujarnya.

Baca Juga: Jarang Terungkap, Begini Detik-detik SBY Gagal Jadi KSAD

Terkait sosialisasi safety awareness, Manajer HSSE Reza Pahlevi menambahkan, bahwa untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan, PTK menerapkan tiga Golden Rules sebagai dasar kegiatan dan 15 elemen life saving rules (LSR) sebagai pedoman keselamatan dalam pekerjaan berisiko tinggi.

"Tujuan dari LSR ini yaitu untuk mengurangi potensi terjadinya kejadian yang fatal, sehingga seluruh rekan Pertamina diwajibkan untuk menerapkan LSR tersebut," tandasnya.
(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2355 seconds (10.177#12.26)