alexametrics

Terlihat Asri, Tanaman Rambat Buat Carport Lebih Adem

loading...
Terlihat Asri, Tanaman Rambat Buat Carport Lebih Adem
Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Carport yang menghadap arah barat dan timur akan mendapat terpaan sinar matahari lebih banyak daripada yang menghadap utara dan selatan. Tanaman rambat nan hijau pun bisa menjadi solusi tepat untuk membuat carport terlihat teduh.

Fungsi tanaman merambat yang digunakan untuk menutup bagian atap carport tidak hanya memberikan kesan natural dan asri, tetapi juga bisa sebagai penyaring sinar matahari yang masuk ke area carport sehingga lebih teduh.

"Penggunaan pohon jauh lebih baik menurunkan suhu dibandingkan memakai laminated glass," ungkap arsitek Peter Gunawan.



Tidak ada salahnya membuat si hijau merambat sebagai penutup atap carport agar lebih sejuk dan terlihat lebih asri. Jika ukuran carport Anda 6,5 x 6 meter dengan struktur besi, atapnya bisa menggunakan laminated glass.

Rambatan tanamannya menggunakan wiremesh yang ditempatkan 25 cm lebih tinggi dari atapnya. Pemasangan wiremesh dengan ketinggian 25 cm di atas atap bertujuan menjaga pertumbuhan pohon.

"Kalau langsung ke atas kaca, tanaman yang masih muda bisa mati terpanggang panas matahari. Dengan adanya wiremesh yang dipasang tidak menempel langsung ke atas kaca, tanaman mampu terlindungi," tutur Peter. (Baca: Berinvestasi Harus Nyaman dan Aman)

Untuk tanaman, jenis tanaman berbunga putih mampu menghasilkan atap tanaman dengan daun yang rapat. Keindahan bunga thunbergia dapat membuat carport Anda terlihat lebih segar dan tetap dapat dinikmati karena bentuknya yang menjuntai.

"Tanaman ini memiliki batang yang kokoh karena sedikit berkayu. Namun, harus selalu dilakukan pemangkasan secara rutin karena thunbergia mempunyai pertumbuhan yang relatif cepat dibandingkan tanaman lain," bebernya.

Sebenarnya tanaman yang digunakan untuk menutup atap lebih tepat jika dipilih jenis tanaman memanjat dan membelit dan bukan tanaman merambat. Sebab, tanaman merambat umumnya menempel pada tembok, seperti tanaman dolar, yang akan menutup tembok dengan daunnya hingga rapat.

Sementara tanaman memanjat umumnya berbatang kayu dan kaku, tumbuh meninggi, bercabang, dan beranting. Sedangkan tanaman membelit batangnya lebih halus dan memiliki sulur. Kedua jenis tanaman ini membutuhkan penopang dan akan tumbuh subur jika diberi rambatan. (Baca juga: Tiga Klub Raksasa Turki Kutuk Pembunuhan George Floyd)

"Cukup banyak tanaman memanjat dan membelit yang dapat dipilih untuk menghijaukan carport, seperti thunbergia, passiflora, bougenvill, sirih gading, dan steganut," kata Peter.

Untuk jenis pohon yang akan ditanam, sebaiknya pohon tersebut memiliki tinggi sekitar 60–80 cm agar lebih cepat berkembang ke atas. Kemudian, gali lubang berukuran 30 x 30 cm dan tambahkan pupuk kandang. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top